Jaga Kamtibmas, Aktifkan Kembali Hansip

1002
Agus Pamintaher – Kapolres Lamsel, AKBP. Adi Ferdian Saputra, saat anjau silau di Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, Kamis (29/10).

KATIBUNG – Mengaktifkan kembali peran Pertahanan Sipil (Hansil) dalam membatu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), masyarakat di Kecamatan Katibung berharap Hansip kembali diaktifkan.
Hal tersebut dikatakan salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Katibung, saat berdialog langsung dengan Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Adi Ferdian Saputra, SIK ketika melaksanakan anjau silau di Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, Kamis (29/10).
Menanggapi perkmintaan masyarakat, orang nomor satu di jajaran Polres Lamselini mengatakan, perlu adanya sinergi antara masyarakat, Pemerintah untuk mengaktifkan kembali Hansip. Selama ini Polisi sudah ada Bhayangkara pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) yang ditempatkan disetiap desa.
“Kami sudah menempatkan anggota Bhabinkamtibmas disetiap desa dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat desa. Silahkan masyarakat yang berada di Desa untuk menyampaikan atau mengadu ke anggota kami itu,” kata Adi Ferdian Saputra.
Pada kesempatan itu juga, Adi Ferdian menyampaikan kepada masyarakat, membuka pintu selebar-lebarnya bagi yang ingin bersilahturahmi. Selain itu, untuk menyampaikan permasalahan yang ada dimasyarakat itu sendiri. Ia selalu siap 1 x 24 jam dan teleponnya
“Anjau silau ini merupakan program Polda Lampung untuk menjalin silahturahmi ke masyarakat. Tujuannya, agar terjalin komunikasi dan persaudaraan untuk menciptakan suasana yang kondusif. Kami juga berharap peran serta aktif dari masyarakat dalam membantu Kepolisian,”imbuhnya.
Tokoh masyarakat Katibung, Kyai Rajaratu (55) mengharapkan agar Kabupaten Lamsel tetap terjaga keamanannya. Banyaknya aksi kejahatan yang setiap waktu bisa terjadi, ia ingin Hansip diaktifkan kembali dalam menjaga kamtibmas.
“Selama ini, Hansip seperti hanya dipakai untuk menjaga TPS saat ada pemilihan Kepala Desa atau Pemilu. Namun kami berharap, Hansip dapat diaktifkan untuk menjaja kamtibmas di desa. Untuk itu, kami berharap kepada Bapak Kapolres untuk bisa menjembataninya,”harapnya. (gus)

BACA :  Nanang : Semoga Amanah !
BAGIKAN