Jalan Poros Amblas, Warga Harapkan Perbaikan

346
Randi Pratama – Kondisi jalan poros yang terletak di Desa Way Muli akibat diterjang ombak, foto kemarin.

RAJABASA – Jalan poros yang terletak di Dusun I, RT 02, Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa amblas. Amblasnya jalan itu terjadi pada hari Selasa (24/1) lalu akibat terjangan ombak pada saat air laut sedang pasang.

Pantauan Radar Lamsel, kerusakan jalan itu sepanjang +- 3 meter. Dengan memakan kerusakan tanah yang cukup dalam.

Berdasarkan keterangan warga setempat, amblasnya jalan tersebut terjadi karena faktor alam. “Itu kejadiannya pas laut pasang, kan ombaknya besar, jadi ombaknya menghantam jalan itu,” kata Mawyamah (43) kepada Radar Lamsel, Kamis (25/1).

Dia melanjutkan, pada saat laut pasang ombak tidak hanya menghantam jalan saja. Tetapi bisa menghantam tembok belakang rumah warga yang lokasinya berada dipinggir laut. “Kadang kalau ombak gede air laut masuk kerumah warga, mau kami jalan itu segera diperbaiki mas. Disitu tidak ada lampu penerang jalan, kalau malam sangat gelap, membahayakan. Takut ada pengendara yang jatuh kejalan itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kunjir Abdul Rohim membenarkan amblasnya jalan itu murni kerusakan faktor alam. Abdul Rohim meyakini cepat atau lambat jalan yang amlbas itu akan segera diperbaiki. Sebab, jalan yang amblas itu sudah ditinjau langsung oleh pegawai dari Dinas PUPR.

“Hari itu langsung ditinjau oleh dinas PUPR. Rencananya saya dengar tahun ini akan diperbaiki, untuk masalah waktu (perbaikan) saya belum tahu kapan pastinya,” katanya.

Untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dia menyarankan kepada pengendara yang melintasi jalan itu supaya lebih berhati-hati.

“Untuk masalah mobilitas kendaraan masih bisa berjalan normal, hanya saja pengendara harus lebih berhati-hati. Dikhawatirkan jalan itu akan semakin amblas parah kalau terus dilalui kendaraan-kendaraan berat,” imbaunya. (rnd)

 

BAGIKAN