Jalan Poros Mulus, KO-KI Lanjutkan Jalan Desa

0

KALIANDA – Sejumlah ruas jalan poros penghubung kecamatan di wilayah barat Kabupaten Lampung Selatan mulai dihotmik dan dipastikan rampung pada akhir tahun ini.
Ketua Komisi C DPRD Lampung Selatan Hipni mengatakan, jalan poros pekan depan sudah mulai dihotmik mulai dari ruas Kecamatan Natar dan Jatiagung. Kemudian, untuk ruas Kecamatan Tanjung Bintang, Merbaumataram, Way Sulan dan Tanjung Sari segera menyusul karena saat ini masih dalam proses perataan dan penataan material.
“Tanjung Bintang dan Merbau Mataram masih dalam pengerjaan, sementara Tanjungsari masih dalam pembangunan jembatan,” katanya kemarin.
Ia menjelaskan, pembangunan jalan itu merupakan gagasan mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP semasa memimpin dan terealisasi menjelang akhir tahun ini. “Untuk wilayah timur seperti Kecamatan Bakauheni, Ketapang, Sragi, Palas, Candipuro dan Sidomulyo sudah mulus,” katanya lagi.
Pada periode berikutnya, tinggal menghubungkan jalan penghubung dari desa ke desa dengan melihat skala prioritas kebutuhan masyarakat. “Program ini harus kita dukung dengan memilih kembali bapak Rycko Menoza karena sudah terbukti bekerja untuk masyarakat Lampung Selatan,” tambah dia.
Sementara itu, Calon Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza. SZP mengatakan, tahun ini jalan poros kabupaten yang menghubungkan antar-kecamatan sudah rampung selanjutnya jalan penghubung antar kecamatan yang menghubungkan dari desa ke desa pada periode berikutnya. “Kita targetkan 90 persen jalan desa mulus dalam tiga tahun, setelah jalan poros kecamatan rampung akhir tahun ini,” kata dia.
Ia mengatakan, sejumlah jalan antar desa pun sudah dibangun sesuai skala prioritas menyesuaikan kebutuhan masyarakat di Lampung Selatan. Cabup nomor urut dua ini menambahkan, pemerataan pembangunan harus direalisasikan untuk masyarakat dengan menyesuaikan ketersediaan dana yang dimiliki pemerintah serta melihat skala prioritas kebutuhan masyarakat.

Salah satu warga di Kecamatan Jatiagung, Maryanto mengatakan, ruas jalan di kecamatan itu sudah hampir rampung dan sudah dilalui oleh masyarakat. “Jalan sudah rata dan material sudah dihamparkan tinggal disiram aspal saja,” kata dia.
Pembangunan jalan itu, kata dia, sangat disambut antusias masyarakat karena baru kepemimpinan Rycko Menoza mendapat sentuhan perbaikan dari pemerintah. “Jalan ini salah satu akses masyarakat mengangkut hasil bumi dan menuju Kota Bandar Lampung,” tambah dia.
Selanjutnya, kata dia, masyarakat tinggal hanya menunggu program pembangunan jalan antar desa yang tinggal melanjutkan saja. “Kami dukung Pak Rycko untuk melanjutkan pembangunan di Lampung Selatan,” kata dia pula.(man)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel