Jatiagung Monev APBDes Seluruh Desa

5
Kemas Yogi - Suasana pemeriksaan dokumen di Desa Margomulyo yang diakukan detail satu per satu, Senin (2/12).

JATI AGUNG – Pemerintah Kecamatan Jati Agung tidak ingin ‘kecolongan’ dalam hal Realisasi APBDes 2019, pasalnya semua administrasi dan pekerjaan infrastruktur harus sinkron.

Hal itulah yang mendasari Camat Jati Agung Jhoni Irzal membentuk tim Monitoring dan evaluasi (Monev) realisasi APBDes 2019. “Hari ini kami monev Desa Margomulyo, dari yang dikerjakan oleh tim bahwa masih banyak dokumen-dokumen yang harus diperbaiki oleh desa,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Senin (2/12).

BACA :  Muzani Sosialisasi Empat Pilar

Menurutnya, monev perlu dilakukan oleh pihaknya bahkan seharusnya setahun tiga kali melakukan monev karena sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan desa. “Monev ini kan sifatnya peringatan dini, jangan sampai kami kecolongan memeriksa. Kalaupun ada temuan dikemudiam hari minimal kami sudah mengetahui,” tuturnya.

Selain itu, para Kepala desa (Kades) juga bisa memperbaiki dokumen yang saat diperiksa dalam monev kurang lengkap dan salah. “Intinya desa diajak untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi pemeriksaan yang lebih tinggi,” kata dia.

BACA :  Margodadi Realisasikan APBDes Sesuai Perencanaan

Sementara itu, Kades Margomulyo Rohmawati mengatakan monev tersebut memang sangat membantu pihaknya, sehingga saat pemeriksaan dari tim Kabupaten Lamsel semua dokumen sudah rapih dan sinkron.”Saya sangat senang monev seperti ini, jadinya kami bisa mempersiapkan diri juga,” pungkasnya. (kms)

BAGIKAN