Jelang Idhul Fitri, Stok Cabai Aman

681
Ilustrasi Cabai
GEDONGTATAAN – Produksi cabai merah Kabupaten Pesawaran di lahan sekitar 53 hektar atau sekitar 424 ton tepatnya di Desa Tri Mulyo Kecamatan Tegineneng diyakini akan mencukupi ketersediaan cabai jelang idul fitri 1440 H untuk Pesawaran dan beberapa kabupaten tetangga.
 
Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N, didampingi Kepala Bidang Tanaman Hortikultura, Sarwoko mengatakan kesiapan dan ketersediaan produksi cabai untuk kebutuhan jelang idul fitri telah ditinjau oleh Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi; jajaran  Dinas Pertanian Provinsi dan dinas Kabupaten Pesawaran serta dinas terkait beberapa waktu lalu di Desa Tri Mulyo.
 
“Kalau perhitungan perkapita perorangan, produksi cabai di kabupaten kita mencukupi untuk wilayah Pesawaran dan beberapa kabupaten lainya,” ungkap Anca Martha Utama pada Selasa (21/5).
 
Dikatakan, produksi cabai untuk satu hektar lahan rerata mencapai sekitar 8 ton. Sehingga untuk lahan seluas 53 hektar, maka produksi cabai merah  di Kabupaten Pesawaran diperkirakan mencapai 424 ton. Dimana rata-rata konsumsi cabai merah mencapai 1,26 kg/kapita/tahun/ perorang atau 0,126 gram perbulan.
 
“Minggu kedua ini sudah mulai panen, dan tidak hanya cabai merah. Ada 18 hektar cabai rawit di Desa Tri Mulyo juga dikunjungi pak Dirjen,” ucapnya.
 
Dijelaskan, kunjungan Dirjen yang cukup singkat di Tegineneng, tidak hanya memantau produksi cabai untuk kebutuhan jelang Idul fitri saja. Melainkan membahas tentang pengembangan potensi tanaman hortikultura di Hortipark Desa Negerisakti bekerja sama dengan Great Giant Fruit (GGF). Seperti pengembangan tanaman melon, semangka dan pepaya.
 
“Sesuai arahan pak Bupati, demplotnya di Hortipark Desa Negerisakti, dengan harapan dapat dijadikan pusat edukasi bagi kelompok tani dalam mengembangkan tanaman hortikultura. Mudah-mudahan usai idul fitri sudah mulai bergerak menggarap hortipark tersebut,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Pelantikan Caleg Terpilih Akan Digelar 20 Agustus
BAGIKAN