Jelang Pemilu, Siapkan Langkah Antisipatif

183

NATAR – Jelang pemilihan umum 17 April mendatang, Pemerintah Kecamatan Natar dan instansi terkait mulai mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk memperlancar pesta demokrasi lima tahunan itu.

          Bahkan dalam rapat koordinasi (Rakor) rutin bulanan, Pemerintah Kecamatan Natar lebih fokus bersama instansi terkait seperti kepolisian dan TNI memetakan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing desa.

          Camat Natar Koharudin mengatakan, pihak keamanan yakni TNI dan Polri juga sudah siap untuk mengambil langkah antisipatif terutama pengamanan logistik pemilu. “Fokus kita pertama yakni pengamanan logistik pemilu. Kapolsek juga sudah berkoordinasi siap mengamankan,” kata Koharudin usai Rakor di Kantor Camat Natar, Rabu (9/1).

BACA :  Alfatah Kutuk Aksi Penembakan di Newzealend

Menurutnya, Kecamatan Natar merupakan daerah yang luas dengan jumlah mata pilih yang paling banyak sehingga pengamanan harus lebih dari kecamatan lainnya. “Natar ini satu Dapil (Daerah Pemilihan) sendiri. Ada 560 TPS tentu tenaga kita sangat terbatas untuk mengawasi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, dirinya telah meminta seluruh Kepala Desa (Kades) untuk proaktif membantu pengamanan Pemilu 2019. “Kades juga harus terlibat, harus berkoordinasi terus terkait kejadian yang menyangkut Pemilu,” tuturnya.

BACA :  Enam Alasan Waysari Layak Jadi Terbaik Nasional

Sementara itu, Kapolsek Natar AKP. Hendi Prabowo mengatakan, pada prinsipnya kepolisian selalu siap mengamankan Pemilu tetapi hingga saat ini belum ada petunjuk tekhnis (Juknis) baik dari Polda maupun Polres. “Intinya kita siap, tetapi kita tunggu dulu arahan dari Polda dan Polres Lamsel,” terangnya.

Hendy menambahkan, biasanya setiap Pemilu akan ada penambahan Personil dari Polres. “Biasanya ada penambahan Personil,” ujarnya. (CW1)

BAGIKAN