Kadin Lamsel Prediksikan Pelaku Usaha Akan Meningkat

460

KALIANDA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Lampung Selatan memprediksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan mulai berkembang pada tahun 2017.

Prediksi itu bukan tanpa alasan. Kadin melihat perkembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan perlahan mulai membaik. Dengan melihat potensi itu, secara tidak langsung akan membuat para pelaku UMKM bermunculan.

“Prediksi kita tahun ini pelaku UMKM akan meningkat seiring dengan mulai berkembangnya sektor pariwisata,” kata Ketua Kadin Lamsel H. Budiman Dabo kepada Radar Lamsel saat ditemui di rumah Kadin Lamsel, Senin (30/1).

Budiman melanjutkan, selain melihat sektor pariwisata, faktor lain seperti pembangunan jalan tol itu juga akan menjadi titik munculnya pelau usaha. “Para pelaku usaha pasti sudah tahu disini akan ada perputaran ekonomi karena pembangunan jalan tol bisa dijadikan tujuan para investor melirik ke Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Menurut Budiman, bila melihat semua peluang itu, jenis usaha yang akan berkembang pada tahun 2017 ini ada di sektor pengadaan jasa dan sektor kuliner. “Ada banyak jenis dalam pengadaan di sektor jasa. Seperti jasa konstruksi dan jasa transportasi menuju tempat wisata. Kemudian disektor kuliner, para pelaku usaha bisa membuat tempat-tempat pertemuan dan tempat bersantai disejumlah tempat wisata,” katanya.

Demi mewujudkan itu perkembangan usaha itu, Kadin akan menggelar silaturahmi dan memberikan pengarahan kepada para pelaku usaha. “Rencananya kami akan memberikan pengarahan di bulan Maret mendatang. Kadin akan berusaha membantu para pelaku usaha. Sebagai mitra pemerintah, tentunya hal ini akan mendapatkan dukungan dari Pemkab Lamsel,” tutupnya. (rnd)

BAGIKAN