Kadisdik: Hak dan Kewajiban Guru Harus Imbang

246

KALIANDA – Kepala Dinas Pendidikan (Disidik) Kabupaten Lampung Selatan Thomas Americo berharap para guru di Kabupaten Lampung Selatan memberikan pendidikan secara aktif di sekolah. Sebab, guru merupakan pejuang kecerdasan bagi generasi penerus bangsa.

“Guru itu memiliki hak dan kewajiban. Haknya adalah mendapatakan gaji, sedangkan kewajibannya adalah mengajar. Hak yang diterima para guru seharusnya diimbangi dengan kewajibannya. Jangan sampai hak diterima penuh, sementara kewajibannya hanya dijalankan setengah-setengah,” ujar Thomas Americo kepada Radar Lamsel diruang kerjanya, Selasa (9/10).

Thomas menuturkan, dunia pendidikan di suatu daerah akan maju dan berkembang, jika para tenaga pendidik memiliki kemauan keras dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada para peserta didik di sekolahnya masing-masing.

BACA :  Kadisparbud Tangkap Harapan Plt. Bupati Lamsel

“Selain mengajar guru juga harus mampu mendidik para siswa di sekolah. Sebab, pada pembukaan UUD 1945 jelas tertulis bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas bukan hanya pintar dalam bidang akademik saja, tetapi pintar juga dalam bidang sifat tatanan prilaku pada kehidupan,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, memberikan pendidikan kepada anak sudah menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Dalam hal ini guru termasuk pemerintah yang bertanggung jawab atas pendidikan formal. “Intinya guru itu dituntut bukan hanya cerdas dalam mentransfer ilmu, tetapi harus cerdas pula dalam mendidik anak,” ungkapnya.

BACA :  Akhirnya Pemkab Bayar Tunggakan Rp17,9 Milyar

Oleh karena itu, Thomas berharap selama dirinya memimpin Dinas Pendidikan di kabupaten gerbang krakatau ini, ia tidak menginginkan adanya tenaga pendidik yang bermalas-malasan dalam mengajar di sekolah. “Semua program pendidikan yang dilaksanakan di masing-masing sekolah harus jelas dan terarah. Tujuannya, agar dunia pendidikan di Lamsel khususnya dalam bidang pelayanan kepada siswa dapat terus meningkat. Sehingga, output yang dihasilkan dari pendidikan yang dilaksanakan menjadi lebih baik dan bermutu,” harapnya. (iwn)

BAGIKAN