Kalianda Target Rampung Pekan Ini

573

Proposal Pencairan DD Tahap Satu

KALIANDA – Pemerintah Kecamatan Kalianda menargetkan pengumpulan proposal pengajuan dana desa (DD) akan rampung pada pekan ini. Sehingga, pencairan DD bisa sesuai dengan jadwal yang direncanakan Pemkab Lamsel.

Camat Kalianda Erdiansyah, SH., MM., mengaku telah meminta aparatur desa agar segera menyusun proposal pengajuan DD tahap I atau sebesar 60 persen. Setelah itu, jajaran  kecamatan akan melakukan verifikasi terait proposal tersebut.

“Sudah kami sampaikan kepada aparatur desa mengenai himbauan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Kami targetkan sepekan ini rampung. Karena, memang beberapa waktu sebelumnya sudah kami sampaikan agar desa bersiap-siap membuat proposal karena memang sudah waktunya untuk pengajuan,”ujar Erdi di kantornya, kemarin.

Pihaknya memastikan tidak ada kendala yang berarti dalam pengajuan proposal pencairan DD tersebut. Sebab, semuanya sudah mengacu pada APNDes dan peraturan bupati (perbup) yang mengatur penggunaan DD tersebut.

BACA :  Jadwal Acak Trantibum, Upaya Penertiban Kota

“Selama tidak kelua dari jalurnya, pasti akan baik-baik saja. Kami rasa desa juga sudah paham dengan membuat proposal ini. Karena memang sudah banyak pelatihan dan ini bukan yang pertama kali,”imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kecamatan Kalianda akan menyampaikan proposal pengajuan DD ke tingkat kabupaten setelah seluruh desa yang ada di Ibu Kota Khagom Mufakat ini mengumpulkan ke tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan seluruh desa bisa tepat waktu dan tidak meleset dari target yang telah kita sampaikan. Sehingga, prosesnya bisa bersamaan dan program pembangunan desa bisa dilakukan secara bersama-sama,”pungkasnya.

BACA :  Gandeng Perbankan dan Pengusaha Kembangkan UKM

Sebelumnya dibertakan, Dana Desa (DD) tahun 2017 tahap pertama sebesar 60 persen akan segera bergulir. Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (DPMD) Lampung Selatan meminta para Camat untuk segera mengkoordinir desa menyampaikan proposal pencairan tersebut.

Sebab, saat ini DD sebesar 60 persen telah masuk di dalam kas daerah (kasda) dan siap dicairkan. Ini ditegaskan Kepala DPMD Lamsel Dulkahar, A.P., M.Si., saat diwawancarai Radar Lamsel, kemarin.

Mantan Camat Natar ini menargetkan, pencairan DD tahap I akan mulai digulirkan pada awal Mei, mendatang. Sambil menunggu proposal pengajuan DD dari 256 desa se-Kabupaten Khagom Mufakat ini. Anggaran DD tahap I atau 60 persen telah masuk ke dalam kasdadengan totoal anggaran sebesar Rp126.062.003.185. (idh)

BAGIKAN