Kebut Pembangunan, Sasar Pemberdayaan

427
Pengawasan pembangunan jalan di dua dusun dilakukan oleh Kades Cintamulya Dwi Ariyani dan Babinsa.

CANDPURO – Desa CintaMulya Kecamatan Candipuro terus bergegas lakukan pembenahan. Infrastrukur jalan dikebut, pemberdayaan masyarakat juga jadi sasaran.

Kepala Desa CintaMulya Dwi Ariyani Amd. Menerangkan transfaransi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dijabarkan. Dana yang digelontorkan untuk pembangunan sebesar Rp 620.615.000,- sementara untuk pembinaan Rp 115.609.281,-.

“Untuk pemberdayaan Rp 90.273.205, untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rp 84.259.943,- kami realisasikan secara transparan,” kata dia kepada Radar Lamsel, kemarin.

Dari persentasi yang disimpulkan, maka lanjut Dwi Ariyani total belanja mengerucut diangka Rp 1.290.303557,-. “Itulah realisasi DD 60 persen yang sudah kami kerjakan bersama aparatur desa,” paparnya.

BACA :  Desa Rejomulyo Fokus Penguatan Dasar Jalan

Total Desa CintaMulya membangun jalan lapen sepanjang 1.750 meter di dua dusun yakni Dusun II dan III. Sementara guna menambah fasilitas infrastruktur pihaknya juga membangun tak kurang dari lima titik gorong-gorong.

“Jalan kami bangun di Dusun II dan III sementara pembangunan penunjang kami bangun lima titik gorong-gorong di Dusun I dan II,” urainya.

Selain pembangunan, pemberadayaan dan pembinaan masyarakat juga difokuskan. Dibidang kepemudaan misalnya, Desa mengadakan turnamen olahraga guna memunculkan atlet-atlet berbakat asal Cinta Mulya.

“Kami adakan Tournament Rukun Cup 2017 untuk Cabang Olahraga Futsal, Bola Voli, Bulutangkis dan Tenis Meja dengan total hadian mencapai Rp 15.000.000,-,” terangnya.

BACA :  Desa Rejomulyo Fokus Penguatan Dasar Jalan

Dibidang keagamaan, dengan empat dusun dan 23 Rukun Tetangga (RT) pihaknya menyasar 50 guru ngaji dari 7 masjid, 13 musholla dan 4 Tempat Pengajian Al-Qur’an (TPA). “Kami bersama Uspika Candipuro langsung mendatangi dan membagikan intensif kepada para ustad,” katanya lagi.

Dari total DD 60 persen tahap I Dwi Ariyani optimis dimasa kepemimpinannya dapat memberikan kemajuan bagi Cintamulya. Meski baru empat bulan menjabat namun hal itu tidak terlalu dipersoalkan olehnya. “Kami siap bangun desa dan bekerja semaksimal mungkin sampai akhir,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN