Kecamatan Rajabasa Baru Satu Desa Setor Proposal DD

576

RAJABASA – Kecamatan Rajabasa menjadi salah satu kecamatan yang belum menyetorkan proposal pencairan dana desa (DD) tahap pertama ke Pemkab Lampung Selatan.

Untuk itu, pemerintah kecamatan setempat terus mendorong seluruh aparat desa diwilayah itu agar mempercepat proses pembuatan proposal pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama. Sebab, dari 16 desa yang ada diwilayah itu, saat ini hanya Desa Tejang Pulau Sebesi yang sudah menyelesaikan laporan proposal.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng mengatakan, pihaknya optimis dan percaya bahwa seluruh desa di Kecamatan Rajabasa akan menyelesaikan proposal pencairan DD dalam waktu dekat.

BACA :  LP2B Capai 36.480 Hektar

“Hari ini (kemarin’red) Desa Batubalak, Desa Tanjunggading dan Desa Betung baru sedang mengejarkan proposal. Kemungkinan besar nanti (sore kemarin) sudah bisa diserahkan ke kecamatan,” kata Sugeng saat ditemui usai menghadiri rakorcam di Desa Sukaraja, kemarin.

Percepatan penyerahan proposal ke Pemkab Lamsel supaya Dana Desa yang sudah masuk ke kas daerah bisa langsung digunakan oleh desa untuk melanjutkan proses pembangunan yang sudah direncanakan. “Untuk itu, kita menargetkan proposal pengajuan DD harus diselesaikan maksimal sampai hari Selasa (9/5) mendatang. Ketika semua desa sudah menyusun, kecamatan akan langsung memverifikasi dan menyerahkan ke Pemkab,” katanya.

BACA :  KOK Wajib Bangkitkan Olahraga di Kecamatan

Menurutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tidak akan mengundur-undur proses pencairan DD bagi desa yang sudah menyerahkan proposal pencairan yang masuk ke DPMD.

“Desa harus tahu, apabila proposal pencairan sudah diajukan, maka desa bisa segera melakukan program pembangunan yang telah dituangkan dalam APBDes. Kalau proposal pencairan tidak segera diselesaikan, otomatis program yang telah dibuat oleh mereka jadi terlambat,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN