Kelau Bangun Balai Desa dengan DD

1051
Idho Mai Saputra – Kades Kelau, Kecamatan Penengahan H. Sohilal mengawasi pembangunan balai desa Kelau, yang bersumber dari anggaran DD.

PENENGAHAN – Sejumlah desa memanfaatkan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2015 dengan melakukan berbagai pembangunan. Mulai dari peningkatan infrastruktur, hingga peningkatan sumber daya manusia (SDM).
Seperti halnya yang dilakukan aparatur Desa Kelau, Kecamatan Penengahan. Pihaknya menggunakan anggaran DD untuk membangun kantor desa atau balai desa.
Kepala Desa (kades) Kelau H. Sohilal mengungkapkan, pembangunan balai desa dari anggaran DD ini merupakan hasil keputusan rapat bersama dari para tokoh dan BPD. Karena, balai desa yang dimiliki Desa Kelau sudah usang termakan usia.
“Ini juga dilakukan agar pelayanan terhadap masyarakat bisa terus ditingkatkan. Kalau kantornya nyaman, sudah pasti para aparatur akan rajin datang ke balai desa ini,”ungkap Sohilal, Minggu (6/12).
Saat ini, tambahnya, pembangunan balai desa ukuran 12×17 meter ini telah mencapai 80 persen. Tinggal menyelesaikan bagian-bagian yang mendetail, seperti pemasangan profil bangunan dan finishing.
“Anggaran yang digunakan sepenuhnya bersumber dari DD 2015, yang jumlahnya mencapai Rp274 jutaan. Kami tinggal menunggu pencairan DD tahap III untuk menyelesaikan balai desa ini,”imbuhnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan program-program pembangunan dan peningkatan SDM pada tahun 2016, mendatang. Tentunya, dengan menggunakan anggaran DD yang telah diberikan oleh pemerintah pusat.
“Banyak infrastruktur yang akan kami bangun di 2016 nanti. Seperti jalan penghubung antar dusun dan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM warga Desa Kelau,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN