Keluarga Besar MIN 1 dan TK Depag Kalianda Ber-qurban

774
Iwan J Sastra – Kepala MIN 1 Kalianda Ahmad Musopa, Spd.I menyerahkan hewan qurban kepada Panitia Qurban, sebelum dilakukan penyembelihan, Senin (12/9) kemarin.

KALIANDA – Keluarga besar Madrasyah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 dan TK Depag Kalianda, mengelar acara pemotongan hewan qurban yakni tiga ekor sapi dan satu ekor kambing, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 H, Senin (12/9) kemarin.
Acara pemotongan hewan qurban itu, berlangsung di halaman sekolah MIN 1 Kalianda dengan melibatkan panitia terdiri dari staf pegawai dan dewan guru, serta sejumlah warga sekitar lingkungan sekolah.
Kepala MIN 1 Kalianda Ahmad Musopa, Spd.I menuturkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Hari Raya Idul Adha keluarga besar MIN 1 dan TK Depag Kalianda melaksanakan pemotongan hewan qurban. Menurutnya, jumlah hewan yang diqurbankan untuk tahun ini mengalami peningkatan. Dimana, pada tahun sebelumnya hanya meyembelih dua ekor sapi, sedangkan tahun ini hewan qurban yang disembelih bertambah menjadi tiga ekor sapi dan 1 ekor kambing.
“Hewan qurban ini berasal dari para Dewan Guru MIN 1 dan TK Depag Kalianda beserta keluarga. Alhamdulillah tahun ini ada tiga ekor sapi dan satu ekor kambing yang kami potong di hari Raya Idul Adha. Ini semua merupakan perintah Allah SWT, sebagai bentuk ketaqwaan, dimana untuk saling berbagi dan menumbuhkan rasa kepedulian dan kebersamaan. Ini juga sebagai salah satu bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Musopa, kepada Radar Lamsel, disela-sela acara pemotongan hewan qurban.
Dia menjelaskan, rencana kegiatan penyembelihan hewan qurban dilingkungan sekolah MIN 1 Kalianda, memang telah diimbau kepada seluruh dewan guru sejak beberapa bulan menjelang hari raya Idul Adha. Ternyata, lanjutnya, imbauan tersebut mendapat respon positif dari para guru, hingga akhirnya mampu mengumpulkan tiga ekor sapi dan satu ekor kambing.
“Saya selaku pimpinan di MIN 1 Kalianda berharap kegiatan ber-qurban ini bisa terus dilaksanakan. Ini juga sebagai pembelajaran bagi siswa-siswi di sekolah sekaligus untuk menggugah dan mengajak para dewa guru lainnya yang belum sempat ber-qurban agar bisa turut serta dalam pelaksanaan qurban ditahun-tahun berikutnya,” harapnya.
Sementara itu Ketua Panitia Qurban Fauzi mengatakan, hewan qurban yang telah disembelih dagingnya diperuntukkan bagi 400 warga yang ada di Lingkungan V Kalianda Bawah, Lingkungan Way Urang dan Lingkungan Jati Indah.
“Kami telah membagikan kupon untuk pengambilan daging qurban sebanyak 400 lembar bagi warga yang ada di tiga lingkungan yakni Kalianda Bawah, Way Urang dan Jati Indah. Alhamdulillah warga yang diberikan kupon semuanya kebagian yang masing-masing warga mendapatkan 1 kilogram daging qurban,” pungkasnya. (iwn)

BACA :  Eksistensi Kaum Perempuan pada Peringatan Hari Ibu
BAGIKAN