Keluarga Besar SMPN 1 Kalianda Gelar Maulid Nabi

0

Jadikan Keteladanan Nabi Muhammad Sebagai Pendidikan Karakter

KALIANDA – Sifat keteladanan Nabi Muhammad SAW sudah sepatutnya dicontoh oleh semua umat muslim di dunia. Keteladanan Nabi Muhammad juga dapatlah dijadikan inti dan sumber pembelajaran bagi pendidikan karakter. Karena pada substansinya pendidikan karakter itu ialah berperilaku atau bersikap dan bertata krama yang baik dan tidak melanggar norma-norma.

Itu dikatakan Ustadz Hipni. S.Ag dalam penyampaian ceramah agamanya di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksankan keluarga besar SMPN 1 Kalianda di lapangan sekolah setempat, Sabtu (2/12) pekan kemarin.

Ust. Hipni menjelaskan, di dalam Al-Qur’an telah dituliskan bahwa Nabi Muhammad SWA merupakan “Uswatun Hasanah” (suri tauladan yang baik). Menurutnya, dengan keteladanan yang dimiliki, sedikit demi sedikit Nabi Muhammad SAW juga telah membangun masyarakat dengan cara menanamkan akhlak mulia dan beriman hanya kepada Allah SWT.

“Melalui peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW ini, diharapkan dapat dijadikan momentum oleh kita semua, khususnya adik-adik pelajar untuk bisa meningkatkan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Pengasuh Pondok Pesantren Almunawaroh Lampung Selatan ini pun menambahkan, sebagai pendidik para guru juga selayaknya dapat menjadi teladan bagi anak didiknya disekolah, baik dalam ucapan maupun dalam bersikap. Karena mereka yang didik adalah makhluk Tuhan yang masih bersih dan masih suci, sehingga sangatlah mudah untuk mengarahkannya menjadi manusia yang manusiawi, serta terbiasa melakukan hal-hal yang positif yang di sukai oleh Allah SWT.

“Di sekolah ini (SMPN 1 Kalianda, red) para pendidik dituntut untuk dapat membiasakan anak didik bersikap dan berakhlak sesuai dengan apa yang di teladani oleh Nabi Muhammad SAW yakni akhlak mahmudah,” terangnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Kalianda Sakwan, M. Pd. mengatakan, ia secara pribadi sangat mendukung peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh pihak panitia.

Menurutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sangat penting bagi para siswa sebagai momentum keteladanan.  “Kita harus menjunjung nilai-nilai islam, salah satunya adalah meneladani sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, agar hidup kita selamat dunia akhirat,” pungkasnya.

Pantauan Radar Lamsel, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan setiap tahun di sekolah itu dihadiri oleh seluruh dewan guru dan staf, serta siswa-siswi kelas VII, VIII, IX SMPN 1 Kalianda. (iwn)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel