Kemenag Pesawaran Serahkan Sertifikat Arah Kiblat

268
GEDONGTATAAN – Sepanjang 2018 ini, Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran telah menyerahkan 50 sertifikat pengukuran arah kiblat masjid dan mushola yang ada di Kabupaten Pesawaran.
“Hari ini (Kemarin,Red) kita menyerahkan sertifikat arah kiblat kepada 12 masjid dan mushola yang ada di Desa Negerisakti,” ungkap Kasubag TU Kemenag Pesawaran H.Masrur Hamid mewakili Kepala Kemenag Pesawaran, H.Farid Wajjedi usai menyerahkan sertifikat arah kiblat di Balai Desa Negeri Sakti.
Dikatakan, terjadinya pergeseran lempeng bumi diduga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan arah kiblat di masjid maupun mushola.
“Mungkin kita banyak mendengar pergeseran arah kiblat akibat pergerakan lempeng bumi, namun ahli geologi yang dapat membuktikannya. Nah, upaya melakukan perbaikan arah kiblat merupakan bagian tugas dari Kementerian Agama,” jelasnya.
Ditambahkan Kasi penyelenggara Syariah H. Khuzil Afwa Kahuripan, berdasarkan usulan yang masuk, pada 2018 sekitar 50 masjid dan mushola di Pesawaran telah dilakukan pengukuran ulang arah kiblat dan telah mendapat sertifikat. Dimana masjid dan mushola di Desa Negerisakti yang diberikan sertifikat diantarannya Masjid Nurul Iman, Ar-Rahman, Al Mutaqin, Imanuddin, Raudatul Jannah, Al Ikhsan, Al Araf, AL Ikhlas, dan Al Hidayah.
“Perbaikan arah kiblat ini berdasar usulan dari warga. Dan kita selaku Kemenag Pesawaran yang memfasilitasi,” ujarnya.
Alat yang digunakan lanjut Khuzil, untuk mementukan arah kiblat yang benar yakni GPS Sunto yang berasal dari Kementerian Agama RI. Selain didukung teknologi, Sumber Daya Manusia untuk melakukan pengukuran arah kiblatpun telah diberikan pelatihan.
“Program  pengukuran arah kiblat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Dalam menentukan arah kiblat yang benar, kita ada SDM dan alatnya,” tandasnya. (Esn)
BACA :  Dinas Pendidikan Bentuk Tim Monev Dana BOS
BAGIKAN