Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Besok

188

KALIANDA – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriah pada Kamis (17/5) esok. Penetapan berdasarkan penghitungan hisab yang telah dilakukan, beberapa waktu lalu. Meski demikian, Kemenag Provinsi Lampung bersama Kemenag Lamsel tetap melakukan pemantauan hilal (rukyatul hilal) di Pos Pengamatan Observatorium Desa Canti Kecamatan Rajabasa menjelang Magrib, Selasa (15/5) kemarin.

Kepala Kemenag Lamsel Sukandi mengungkapkan, penghitungan hisab bisa dilakukan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah. Sementara rukyat, mengamati visibilitas hilal atau penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi) dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop setelah Matahari terbenam.

“Yang jelas, secara garis besar sudah bisa kita hitung melalui sistematis dan astronomis dengan kalender hijriyah. Tetapi, kita tetap melakukan rukyat sesuai dengan anjuran Kementerian Agama RI,” ungkap Sukandi dikantornya, kemarin.

Meski demikian, Kemenag Lamsel tetap akan mengikuti arahan dari Kemenag RI yang rencananya bakal langsung diumumkan usai melakukan sidang isbad. “Kita ini sebuah negara yang diatur semuanya oleh pemerintah di pusat sana. Kita tetap menunggu pengumuman secara resmi dari Meneteri Agama,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, masyarakat muslim hendaknya tidak mempersoalkan awal Ramadhan kapan tiba. Sebab, ajaran Islam di dunia ini tidak pernah menjerumuskan umatnya.

“Kami himbau masyarakat tetap ikut pada aturan pemerintah. Apa yang menjadi ketetapan pemerintah sudah berdasarkan penghitungan dan kebenarannya bisa dijamin. Mudah-mudahan, ibadah kita pada Radamadhan tahun ini semakin baik dan lancar,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN