Kena Sanksi BPJS, Nia Baru Bisa Dirujuk Setelah 40 Hari

0

SIDOMULYO – Nia (6) bocah pengidap psoriasis vulgaris asal Desa Banjarsuri Kecamatan Sidomulyo baru bisa dirujuk ke Rumah Sakit BOB Bazar Kalianda setelah pihak PRI Sidomulyo melunasi tunggakan BPJS atau 40 hari kedepan sejak 12 Juli lalu. Pihak keluarga Mawi (42) dan Sani (38) orang tua Nia terkena sanksi tunggakan BPJS selama 16 bulan yang tersendat pembayarannya.

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, saat ini Nia masih menjalani perawatan di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo. Pasalnya, jika berada di kediamannya dikhawatirkan kondisi kesehatan bocah pengidap penyakit kulit kronis itu bisa terganggu.

Kepala Puskesmas Sidomulyo dr. Rocky Sihombing mengatakan, meski tunggakan BPJS Nia sudah dilunasi selama 16 bulan akan tetapi ketentuan dari BPJS harus tetap dipatuhi sebab ada sanksi yang berlaku jika tunggakan tidak dibayarkan oleh pengguna BPJS.

“Selain harus melunasi tunggakan, pasien baru bisa dirujuk ke RS dalam waktu 45 hari terhitung sejak tunggakan tersebut dilunasi begitulah peraturannya,” kata Rocky Jum’at (14/7).

Untuk menyikapi hal tersebut, pasien akan dirawat sementara di PRI Sidomulyo. Sebab, kata Rocky, sangat tidak memungkinkan penderita psoriasis kronis menjalani perawatan di rumahnya. Apalagi kediaman Nia jauh dari segalam macam akses.

“Kediamannya kan jauh dari segala macam akses, selain itu juga sanitasi dipelosok desa jadi pertimbangan kami. Untuk itu Nia kami rawat dulu di PRI,” paparnya.

Lebih lanjut Rocky mengatakan perlahan kondisi bocah bersisik akibat penyakit kulit berbahaya itu mulai membaik. Itu terlihat dari raut wajah Nia yang mulai menunjukan keceriaan meski masih dalam masa perawatan. “Kondisinya sudah baikan kok, sudah bisa senyum dan bercanda,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lamsel dr. Jimy Bagas Hutapea juga menyempatkan waktu untuk menjenguk keadaan bocah malang itu. Jimy berharap kondisi Nia bisa segera pulih dari penyakit yang menggerogotinya selama enam tahun.

“Kami berupaya semaksimal mungkin, agar kesehatan Nia kembali pulih. Setelah itu Nia akan ditangani dr. Spesialis kulit dan dirujuk ke RS,” ujar Jimy usai menemui Nia di PRI Sidomulyo. (ver)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel