Kenaikan Harga Pertamax Tak Pengaruhi Harga Sembako

196

Qorinilwan: Pedagang di Pasar Masih Mengacu HET

KALIANDA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Lampung Selatan menyatakan hingga kini harga jual barang kebutuhan pokok di pasar masih relatif stabil sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

Meski tersiar kabar adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax dan dex series, namun hal itu tidak mempengaruhi harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) yang dijual para pedagang di pasar-pasar tradisional diwilayah Lampung Selatan.

“Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan masing-masing pegawai UPT Disperindag dilapangan, mereka melaporkan sampai hari ini rata-rata harga sembako dipasaran masih stabil. Artinya, para pedagang tetap menjual barang daganganya mengacu harga eceran tertinggi,” ujar Kepala Disperindag Lamsel Qorinilwan Niti Jaman, kepada Radar Lamsel di Kalianda, Kamis (11/10).

BACA :  Masuk Perumahan Hartono, Minibus Terbakar

Dia mengatakan, disperindag sendiri belum memiliki wacana untuk melakukan inpeksi mendadak (Sidak) terhadap harga kebutuhan pokok dipasaran. “Kalau untuk melakukan sidak sepertinya belum ada rencana, karena harga sembako yang dijual para pedagang disemua wilayah pasar masih normal. Paling hanya melakukan monitoring rutin saja yang dilakukan pegawai UPTD ditiap-tiap kecamatan,” katanya.

BACA :  Heri Bastian: Anggota Dibayar Berdasarkan Kedispilinan dan Kinerja

Qorinilwan menuturkan, terkait adanya kabar tentang kenaikan harga BBM sejak beberapa hari lalu, pihaknya tidak secara langsung menyikapinya dengan mempersiapkan langkah untuk menggelar sidak harga dipasaran. “Kita (disperindag, red) hanya sebatas monitoring saja. Ya kalau ada gejolak terhadap harga kebutuhan pokok yang disebabkan naiknya harga BBM, barulah kita ambil langkah-langkah antisipasi,” terangnya.

“Kalaupun ada pedangan yang menjual barang dagangannya di atas harga HET itu paling hanya sebatas 10 (sepuluh) persen,  dikaranekan para pedagang akan menghitung biaya operasional nya juga,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN