Kenali Penyakitnya, Bukan Jauhi Orangnya

663

1 DESEMBER merupakan hari HIV/AIDS sedunia. Seantero jagat raya memperingatinya. Jutaan manusia mati karena penyakit mematikan ini. Karena alasan itu, Elin Meliani Tanjung berharap agar generasi muda bisa mengenali penyakit berbahaya ini.

“Kenali penyakitnya, bukan menjauhi orangnya. Selama ini ada masih banyak ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang mendapat perlakukan diskriminatif,” ungkap Elin yang diwawancarai Radar Lamsel di Kedai Sop Duren Kalianda kemarin.

Dara berusia 20 tahun ini mengajak seluruh generasi muda di Lamsel untuk menghindari seks bebas dan mewaspadai penggunaan jarum suntik. Menurut dia, seks bebas merupakan salah satu cara penularan penyakit HIV/AIDS.

Mahasiswi semester 5 di Akbid Hampar Baiduri ini berharap agar pada peringatan hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember seharusnya menjadi momentum untuk menyuarakan bahaya Aids dan cara menekannya.

“Masyarakat juga biar tahu peringatan hari AIDS itu kapan. Aku setuju kalo ada event atau acara untuk memperingati hari penting kayak AIDS sedunia. Tapi sayang jarang banget ada acara seperti itu di Lamsel. Harapan aku sih dari dinas terkait ngadain sosialisasi atau penyuluhan tentang AIDS. Jadi kan masyarakat bisa tahu banyak,” harap Elin.

Menurut Elin hal yang harus dilakukan para generasi muda untuk menghindari penularan penyakit tersebut adalah dengan banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Aktivitas seperti berolahraga menjadi alternatif utama bagi dia untuk menghindari hal-hal yang negatif. Warga Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo kerap mengikuti olahraga karate.

Pada masa SMA dirinya bahkan pernah menyabet sejumlah gelar bergengsi pada olahraga yang dia tekuni. Antara lain kejuaraan karate tingkat Walikota Metro yang meraih juara I dan kejuaraan karate Sumatera meraih juara II. (rnd)

BAGIKAN