Kepala OPD Harus Pintar Lobi-Lobi

490

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan mengharapkan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemkab Lampung Selatan memiliki ilmu pintar untuk melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat guna mendapatkan berbagai program bantuan yang bisa dimanfaatkan di Kabupaten Lamsel.

Harapan itu disampaikan Zainudin saat diwawancarai Radar Lamsel dilingkungan Kantor Pemkab Lamsel, belum lama ini. “Saya berharap semua kepala OPD itu aktif melakukan jemput bola ke pusat. Supaya program bantuan yang ada ditiap-tiap kementerian bisa didapat dan dibawa pulang ke kabupaten ini,” ujar Zainudin.

Ia pun menyarankan, sebelum melakukan pendekatan ke  pemerintah pusat, hendaknya masing-masing kepala OPD mempersiapakan atau menyusun rencana kebutuhan yang akan diajukan.

“Siapkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Lalu tuangkan ke dalam proposal. Itu dilakukan, supaya bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat benar-benar bermanfaat dan tidak mubajir. Dan ini harus terus dikawal jangan didiamkan. Sebab, kalau tidak dikawal atau memakai cara jemput bola bantuan yang ada itu tidak akan bisa sampai kita raih,” terangnya.

BACA :  Pemkab Lamsel Hibahkan Aset Tanah ke Kemenkumham

Dikatakannya, bagi kepala OPD yang sudah siap akan mengajukan bantuan ke pemerintah pusat hendaknya melaporkan data-data atau gambaran tentang apa yang diusulkan ke pemerintah pusat secaar riil kepada dirinya (bupati, red).

“Ya harus dilaporkan dulu dong kepada saya. Kalau saya tidak diinformasikan, bagaimana bisa saya menjawabnya kalau nanti ditanya oleh menteri. Artinya, jangan sampai lepas koordinasi. Kerena koordinasi itu memang sangat penting untuk menghindari suatu kesalahan,” pungkasnya.

BACA :  Patok PAD Tinggi, Dewan: OPD Tanggungjawab!

Untuk dikatahui, selama tahun 2017 Pemkab Lamsel telah banyak memperoleh bantuan dari pemerintah pusat melalui pihak kementerian. Seperti bantuan yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke BPBD Lamsel berupa satu unit speedboot, bantuan DAK dari Kementerian Pariwisata RI untuk pembangunan kantor Turist Information Center (TIC) di lokasi wisata kuliner dermaga bom, Kalianda, kenderaan operasional bagi Dinas Sosial dari Kementerian Sosial, bantuan kapal dan mobil penyegar ikan dari Kementerian Kelautan, bantuan alat-alat pertanian dari Kementerian Pertanian dan masih banyak lagi bantuan yang lainnya.

Itu semua diperoleh, berkat kegigihan dan kepintaran Bupati Lamsel Zainudin Hasan dalam melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat guna membangun Kabupaten Lampung Selatan menjadi lebih maju dan sejahtera. (iwn)

BAGIKAN