Kepsek Harus Jadi Panutan Terapkan Kedisiplinan

1493
ILUSTRASI

KALIANDA – Kedisiplinan adalah modal utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Maka, kepala sekolah (kepsek) diminta untuk menjadi panutan dalam penerepan kedisiplinan terhadap warga di sekolahnya masing-masing.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan Drs. H. Burhanuddin, MM saat ditemui Radar lamsel, Senin (4/1).
Dikatakannya, kepsek merupakan orang yang berperan penting dalam memajukan mutu pendidikan khususnya disekolah yang dipimpinnya. Oleh sebab itu, kepsek harus selalu memberikan contoh yang baik terhadap guu maupun murid-muridnya.
“Kami tidak henti-hentinya mengingatkan kepala sekolah untuk disiplin. Karena memang kedisiplinan itu mudah diucapkan, tetapi sulit untuk diterapkan. Buat saya pribadi, disiplin adalah harga mati,”ujar Burhanuddin.
Kedisiplinan, lanjutnya, mencakup berbagai hal. Tidak hanya disiplin dalam tingkat kehadiran di sekolah. Akan tetapi, disiplin dalam melaksanakan tugas dengan kewajiban juga tidak kalah penting.
“Untuk apa hanya disiplin masuk kerja saja. Harus diimbangi, kalau hanya masuk tepat waktu pulang juga tepat waktu percuma saja. Pekerjaan juga harus diselesaikan tepat waktu. Akan lebih baik lagi jika pekerjaan bisa selesai sebelum waktunya,”lanjutnya.
Mantan Kepala Disdukcapil ini menambahkan, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada para kepsek yang tidak disiplin. “Tentu semua ada konsekuensinya. Kalau memang dia rajin, pasti akan ada penghargaan yang bakal didapatkan,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Nanda Indira Dendi : Tanggungjawab Pendidik PAUD Luar Biasa
BAGIKAN