Kerahkan Armada Kebersihan di Rajabasa

93

KALIANDA – Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menginstruksikan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), untuk mengerahkan armada pengangkut sampah dikawasan pesisir Rajabasa.

Penegasan itu disampaikan Nanang usai menerima laporan dari warga di Kecamatan Rajabasa yang mengeluhkan masih terdapat oknum yang membuang sampah di laut.

“Wilayah pesisir pantai kita tak kalah elok dengan Pulau Bali, maka mesti ada kesadaran bersama soal kedisiplinan untuk tidak membuang sampah sembaranag, mulai besik truk pengangkut sampah sudah keliling pesisir,” kata Nanang di Rumah Dinas Bupati Lamsel, Rabu (10/10).

Pemkab kata Nanang, siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat apalagi demi kebersihan lingkungan. Namun bukan berarti tugas Disperkim sepenuhnya mengentaskan persoalan kebersihan.

“Masyarakat disana juga harus sudah disiplin untuk tidak membuang sampah dilaut. Sediakan tempat sampah sementara ditiap desa yang ada di Kecamatan Rajabasa, nanti truk sampah Disperkim tinggal mengangkutnya,” ucap Nanang.

Masih kata Nanang, kebersihan diwilayah pesisir nantinya akan mendatangkan berkah tersendiri bagi masyarakat lokal. Apalagi sambungnya keberadaan JTTS yang siap untuk menyambut pelancong dari berbagai penjuru nusantara.

“ Kalau pantainya kotor maka tidak ada yang kita tunjukan bagi pengunjung, apalagi nanti JTTS segera digunakan secara keseluruhan jangan sampai orang enggan singgah ke Lamsel, tunjukan bahwa Lamsel itu bagus,” tegasnya.

Plt. Kadisperkim Burhanudin mengatakan pihaknya akan menerjunkan armada kebersihan untuk menyisir wilayah pesisir rajabasa. Mekanismenya kata dia desa-desa diwilayah tersebut sudah mengumpulkan tumpukan sampah dalam satu tempat ditepian jalan.

“ Kalau sudah dikumpulkan pagi hari, petugas akan terjun kelokasi sehingga masalah itu tak lagi menjadi penghambat, armada sampah kita punya satu unti yang baru,” sebut dia.

Selama ini warga kerap kesulitan membuang sampah lantaran tak ada armada kebersihan keliling diwilayah tersebut. Alhasil masih ditemukan oknum yang membuang sampah ke laut lantaran jarak antara rumah dan bibir pantai berdekatan. (ver)

BAGIKAN