Kerja Nyata Mahasiswa Darmajaya Dinanti 3 Kecamatan

21
Diskominfo Lamsel - Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Priyanto Putro menerima cindera mata dari ketua rombongan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya yang akan melaksanakan program Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM) di wilayah Lamsel. Kegiatan penyambutan ini berlangsung di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (20/8) kemarin.

KALIANDA – Ratusan mahasiswa dari Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Bandarlampung bakal melakukan praktik kerja lapangan di tiga wilayah kecamatan, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan bertajuk program Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM) ini bakal berlangsung selama satu bulan kedepan.

          Sebanyak 318 mahasiswa ini bakal dibagi menjadi 53 kelompok yang akan disebar diwilayah Kecamatan Kalianda, Tanjungbintang, dan Natar. Hal ini terungkap saat Pemkab Lamsel menyambut kedatangan para mahasiswa itu di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (20/8) kemarin.

Tampak hadir mendampingi para mahasiswa IBI Darmajaya, Wakil Rektor III Muprihan Thaib, S.Sos, MM, Ketua Pelaksana PKPM Sementer Genap tahun ajaran 2018/2019 IBI Darmajaya, Rico Elhando Badri, SE.I., ME, beserta sejumlah dosen dan mahasiswa IBI Darmajaya.

          Ketua Pelaksana PKPM IBI Darmajaya Rico Elhando Badri mengatakan, kegiatan PKPM Sementer Genap tahun ajaran 2018/2019 kali ini akan lebih fokus pada pengembangan potensi-potensi UKM yang ada di wilayah Kabupaten Khagom Mufakat ini. Lokasi PKPM sendiri sudah ditentukan oleh panitia kegiatan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh.

BACA :  Honorarium Badan Adhoc Diusul Naik

          “Harapannya, melalui kegiatan PKPM ini mahasiswa mendapatan pelajaran yang sangat berharga. Utamanya untuk mengasah keterampilan, wawasan, daya nalarnya, terutama dalam mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat secara langsung,” ujar Rico dalam laporan tertulisnya.

          Dia menjelaskan, kegiatan PKPM akan difokuskan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kalianda, Tanjungbintang, dan Natar. Mereka (mahasiswa’red) akan ditempatkan ke sejumlah desa sesuai kelompok yang telah ditetapkan.

          “Untuk Kecamatan Kalianda akan menyasar ke Kelurahan Bumi Agung, Desa Maja, Tengkujuh, Marga Catur, dan Bulog. Untuk Tanjungbintang meliputi Desa Jati Baru, Jati Indah, Srikaton, Serdang, Budi Lestari, Purwodadi Simpang, dan Sindang Sari. Sedangkan di Kecamatan Natar meliputi Desa Natar, Pancasila, Merak Batin, Negara Ratu, Banjar Negeri, Candimas, Bumisari, dan Branti Raya. Jadi, lokasi PKPM untuk Kabupaten Lampung Selatan jumlahnya ada 20 desa/kelurahan,” terangnya.

BACA :  Bertemu Tokoh, Dandim 0421/LS: Pesta Demokrasi Bukan Ajang Perang

“PKPM ini akan dilaksanakan dari tanggal 20 Agustus 2019 hingga 19 September 2019. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat, terutama dalam pembinaan UKM-UKM di Lampung Selatan secara berkesinambungan,” tukasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Priyanto Putro yang mewakili Plt Bupati H. Nanang Ermanto dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, selamat datang dan terima kasih atas kehadiran pimpinan IBI Darmajaya beserta para Mahasiswa peserta PKPM yang memilih Kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu daerah PKPM. 

Dia melanjutkan, melalui kegiatan PKPM ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan para mahasiswa IBI Darmajaya, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan masyarakat.

“Saya yakin bahwa dengan adanya kegiatan PKPM yang akan dilakukan oleh para mahasiswa dari IBI Darmajaya, tentunya akan dapat memberikan manfaat. Utamanya dalam rangka meningkatkan motivasi bagi masyarakat setempat dan sekitarnya untuk melakukan upaya-upaya bagi kemajuan daerahnya,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN