Kerugian Capai Rp 100 Juta, BPBD Pastikan Korban Dapat Bantuan

501
Kepala BPBD Lamsel Drs. Muhammad Darmawan, M.M

KALIANDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan memastikan keluarga Syamsudin Rasyid (67), korban bencana angin kencang di Desa Gunungterang, Kecamatan Kalianda bakal mendapatkan bantuan.

Saat ini BPBD Lamsel tengah memproses agar korban bencana itu segera mendapat bantuan. Namun mengenai besarannya BPBD menyerahkan hal tersebut kepada Pemkab Lamsel.

Kepala BPBD Lamsel Drs. Muhammad Darmawan, M.M mengatakan hal itu kepada Radar Lamsel kemarin. Menurut dia, lembaganya telah telah merampungkan proses inventarisasi atas kerugian material yang menimpa keluarga Syamsudin Rasyid (67) akibat terpaan angin kencang, pada Rabu (26/10) malam lalu.

“Total kerugian material mencapai Rp100 juta. Karena sebagian besar rumah mengalami kerusakan berat. Laporannya sudah kami sampaikan secara tertulis kepada Bupati Lamsel,”ujar Darmawan saat ditemui Radar Lamsel di Kantor Bupati Lamsel, kemarin.

BACA :  Dewan Serukan Dinamika UMP

Dia menjelaskan, kerusakan parah berada pada bagian atap rumah dan beberapa bagian tembok. Namun, karena kondisi rumah yang terbilang cukup tua maka rumah tersebut dirobohkan demi alasan keamanan.

Berapa anggaran yang bakal dikucurkan Pemkab Lamsel untuk membantu korban bencana tersebut ? Darmawan belum bisa memastikannya. Pasalnya, yang berhak memberikan nominal bantuan adalah keputusan pimpinan.

“Tugas kami memberikan laporan kerugian yang dialami korban bencana. Untuk kucuran bantuannya berapa, tinggal keputusan Pak Bupati langsung,”terangnya.

Mantan Kepala Diskominfo Lamsel ini menegaskan, masyarakat di wilayah Lamsel diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya, saat ini di Indonesia tengah dilanda musim laninayang berpotensi hujan disertai angin kencang setiap hari.

BACA :  Polisi: Mayat Perempuan Warga Kecamatan Natar

“Himbauan melaui surat kepada seluruh camat juga sudah kami sebar. Pada intinya, kami minta semua masyarakat waspada dalam menghadapi cuaca ekstrem ini. Dari BPBD sendiri juga terus menyiagakan petugas dan peralatan untuk siaga bencana,”pungkasnya.

Pernah diberitakan sebelumnya, hujan deras yang disertai angin kencang berbuntut musibah yang menimpa warga Dusun I Jembat Besi, Desa Gunung Terang, Kecamatan Kalianda, Rabu (26/10) malam.

Rumah tinggal Syamsudin Rasyid (67) roboh akibat diterpa angin kencang yang mengakibatkan istrinya Nur Hasanah (60) mendapatkan perawatan serius karena tertimpa reruntuhan bangunan. (idh)

BAGIKAN