Keterlibatan LPM Minim Jadi Sorotan

7
Ilustrasi LPM

JATI AGUNG – Camat Jati Agung Jhoni Irzal meminta seluruh Kepala desa (Kades) untuk memberdayakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Menurut dia, kades bisa melibatkan LPM dalam kegiatan seperti pengerjaan pembangunan jalan. Dia meminta jangan semua proyek infrastruktur jalan diserahkan kepada rekanan karena secara aturan tidak diperbolehkan. “Sering saya katakan, libatkan LPM disemua program kades,” katanya.

Dengan melibatkan LPM, kata dia, maka akan ada efek domino yang tercipta. Dia mencontohkan, misalnya ada pengerjaan jalan dengan anggaran Rp100 juta, bila dikerjakan oleh masyarakat maka uang itu bisa menambah penghasilan bagi yang ikut mengerjakannya. “Sebetulnya sudah dilakukan, tetapi belum maksimal pelibatan LPMnya,” ucapnya.

BACA :  Kades Diminta Prioritaskan Ekonomi Kerakyatan

Sebaliknya, kalau pengerjaan infrastruktur jalan dilakukan oleh rekanan, maka anggaran yang dikeluarkan pemerintah tidak kembali kepada masyarakat melainkan hanya ke keluarga rekanan. Kendati demikian, dia menegaskan, bukan berati anti dengan rekanan. “Tolong kalau program di desa masuk ke LPM untuk pemberdayaan masyarakat. Dan hal ini bisa menunjang,  mendorong suksesnya program. Terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

BACA :  Periode Ini Tadah Hujan Sulitkan Petani

Ia berharap, kerjasama semua elemen masyarakat di desa mampu membangun desa lebih cepat dan lebih baik. “Kalau semua dilibatkan maka kemungkinan kecil adanya keributan serta protes,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN