Kinerja Tim Pengembang Sekolah Harus Optimal

125
Kepala Dinas Pendidikan Lamsel Thomas Americo

KALIANDA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan berharap kepada semua sekolah SD dan SMP di Lamsel agar dapat mengoptimalkan kinerja Tim Pengembangan Sekolah (TPS) demi kemajuan dunia pendidikan di Lampung Selatan.

          Kepala Disdik Lamsel Thomas Americo mengatakan, jika hanya pimpinan sekolah yang dibebankan untuk mengembangkan sekolah, hal itu dirasakan sangat kurang maksimal.

          “Saya meyakini tidak akan mampu jika yang mengembangkan sekolah itu hanya kepala sekolah sendiri. Artinya, butuh orang banyak yang memiliki kemampuan serta ide-ide yang cemerlang untuk memajukan sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan peran tim pengembang sekolah yang optimal,” ujar Thomas Americo kepada Radar Lamsel, diruangkerjanya, Kamis (14/3) kemarin.

BACA :  Otda Bantah Praktik Dzalim Pilkades Babatan

          Thomas menuturkan, timbulnya kemajuan bidang pendidikan di sekolah, itu memang merupakan tanggungjawab penuh kepsek sebagai pemimpin. Namun, dengan adanya TPS bisa lebih memaksimalkan ide dan gagasan bersama yang telah melalui tahapan perencanaan hingga tujuan yang akan dicapai.

          “Kepala sekolah adalah leader yang menjalankan hasil kajian TPS. Jadi, ide-ide yang dituangkan merupakan keputusan atau gagasan bersama warga lingkungan sekolah. Dengan begitu, apapun program nya saya yakin bisa dijalankan dengan niat yang iklas,” terangnya.

          Selain adanya dukungan dan peran serta dari jajaran dewan guru dan karyawan disekolah, tentunya juga, kata Thomas, harus melibatkan jajaran komite sekolah dari wali murid. Sehingga, program yang direncanakan sesuai dengan harapan dari  berbagai komponen.

BACA :  Kontroversi ‘Uang Lelah’ Pilkades Serentak

          “Apa yang baik menurut guru belum tentu baik menurut para wali murid. Begitu juga sebaliknya. Maka, dari masukan dan ide-ide untuk kemajuan sekolah itu disaring dan diprioritaskan mana yang harus didahulukan. Artinya, semua orang yang berada dilingkungan sekolah wajib memiliki tugas untuk memajukan sekolah. Ya mudah-mudahan upaya yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Sehingga, kualitas dunia pendidikan di kabupaten ini akan semakin baik,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN