KMP Portlink III Tak Beroperasi, ASDP Nyatakan Tak Ada Kerusakan

343

BAKAUHENI – Insiden kebakaran mobil truk fuso dalam kapal KMP Portlink III saat berlayar dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Rabu (11/4) sekitar pukul 09.30 WIB akhirnya diketahui penyebabnya.

Setelah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi, Petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni menyimpulkan penyebab kebakaran truk fuso bermuatan makanan ringan itu berasal dari puntung rokok.

Diperkiraan, reaksi api yang cepat membesar disebabkan oleh muatan yang diangkut mobil truk fuso tersebut mudah terbakar.

Kepala KSKP Bakauheni AKP. Sigit mengungkapkan, dari penyelidikan yang dilakukan, api yang menyulut mobil itu memang berasal dari puntung rokok. “Dari keterangan nahkoda, api memang berasal dari puntung rokok,” kata Sigit kepada Radar Lamsel, Kamis (12/4) kemarin.

Proses api yang cepat membesar, menurut Sigit, disebabkan oleh makanan ringan yang dimuat didalam mobil tersebut. “Api besar diperkirakan karena barang yang diangkut mudah terbakar, karena jenisnya makanan ringan berbungkus plastik,” jelasnya.

Sementara itu, Humas PT. ASDP Cabang Bakauheni Syaifullail Maslul kembali memastikan bahwa tidak ada kerusakan di bagian kapal KMP Portlink III. Namun, kapal tersebut belum berlayar kembali karena jadwal istirahat. “Dari laporan aman, instalasinya juga baik. Tapi saat ini kapal lagi istirahat di pelabuhan Bakauheni,” katanya.

Syaiful melanjutkan, pengistirahatan kapal KMP Portlink III bertujuan untuk perawatan dan pembersihan dibagian kapal yang memerlukan perbaikan. “Iya, untuk pembersihan geladak, lantai dan dek kendaraan karena banyak memuat air. Sekaligus memberikan waktu istirahat kepada kru kapal,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN