Kodim Masuk Sekolah

251
Ist. Radar Lamsel – Anggota Kodim 0421/LS memberikan pembekalan peraturan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SD.

KALIANDA – Pembentukan karakter bagi siswa di sekolah sangat penting. Hal ini dilakukan agar pelajar mampu menanamkan kecintaan kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Komando Distrik Militer (Kodim) 0421/LS mengerahkan anggotanya dalam memberikan pemahaman kepada para pelajar.

Dandim 0421/LS, Letkol. Kav. Robinson O. Bessie, mengatakan atas dasar itu, TNI akan melakukan kegiatan rutin menyambangi setiap sekolah untuk menyampaikan wawasan kebangsaan (wasbang) dan pembekalan kemampuan bela negara (belneg) kepada pelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat. Materi tersebut akan dilaksanakan di sekolah di wilayah binaan anggota Babinsa di setiap Koramil.

Menurut Robinson, pemberian materi wasbang dan belneg berawal dari permintaan masyarakat dan pihak sekolah kepada Koramil untuk menjadi pendamping pelajar. Tak hanya soal wasbang dan belneg, pelajar juga diberi materi tentang peraturan baris-berbaris (PBB) dengan benar.

BACA :  IDI Lampung Desak Permenkes no 46 Direvisi

“Contohnya hari ini (kemarin’red), Babinsa Koramil 421 – 10 KTB berikan materi wawasan kebangsaan di hari masa pengenalan sekolah di wilayah Binaannya,” kata Robinson kepada Radar Lamsel, Senin (15/7) kemarin.

Lulusan Akmil tahun 2000 ini mengatakan bahwa pemberian materi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Bagian yang paling penting adalah menanamkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

BACA :  Usul Disampaikan, Hasil Akhir Lihat Anggaran

”Tujuan kegiatan ini membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Tak hanya soal ideologi, Babinsa yang memberikan materi juga mengajak para pelajar agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, aksi tawuran dan pergaulan bebas.

“Hal-hal seperti yang harus kita antisipasi sejak dini. Kita bukan memaksa, kita hanya mengajarkan kepada anak-anak, khususnya siswa di sekolah betapa pentingnya disiplin. Karenanya, kami akan lakukan pemberitan materi ini di semua wilayah. Kami minta dukungan dari masyarakat,” katanya. (rnd)

BAGIKAN