KPU Deadline Parpol 14 Hari Masa Perbaikan

647
Humas KPU – Ketua KPU Lampung Selatan Muhammad Abdul Hafids memaparkan laporan hasil penelitian berkas administrasi pendaftaran parpol kepada seluruh LO parpol di sekretariat KPU Lamsel kemarin.

LOGO_KPU_MELAYANIKALIANDA – KPU Lampung Selatan men-deadline waktu selama 14 hari kepada partai politik (parpol) untuk memperbaiki berkas pendaftaran dan verifikasi parpol.

Sebab, berdasarkan hasil penelitian berkas administrasi parpol yang dilakukan KPU, tidak ada satupun parpol yang berkasnya tak harus diperbaiki.

“Iya, hampir semua parpol memperbaiki berkas tersebut. Waktu yang kami berikan selama 14 hari. Hanya saja, tingkat kesalahan administrasi setiap parpol memang berbeda-beda,” kata Komisioner KPU Lampung Selatan Mislamuddin kepada Radar Lamsel di Sekretariat KPU Lamsel kemarin.

Menurut Mislamudin, kesalahan administrasi yang ditemukan saat penelitian diantaranya adalah ganda eksternal anggota parpol; ganda internal anggota parpol; pencocokan KTP elektronik dan ditemukannya KTP yang berstatus PNS. “Paling banyak ganda. Yang PNS harus dicabut,” kata Mislamudin.

BACA :  Lampung Waspada Virus Corona!

Mantan Komisioner Panwaslu Lamsel itu juga mengungkapkan, setelah proses perbaikan itu, KPU akan kembali melakukan verifikasi faktual seluruh anggota parpol, pengurus parpol, kuota keterwakilan perempuan, dan sekretariat parpol. “Jadwal faktualisasi ini kami gelar pada Januari 2018 mendatang,” ungkap Mislamudin.

Pantauan Radar Lamsel, KPU Lamsel mengundang seluruh parpol calon peserta pemilu kemarin. Lembaga penyelenggara pemilu ditingkat kabupaten ini menyerahkan satu persatu laporan hasil penelitian berkas administrasi kepada parpol.

Penyerahan laporan itu diserahkan langsung oleh Ketua KPU Lampung Selatan Muhammad Abdul Hafids kepada masing-masing liaison officer (LO) parpol. Penyerahan juga disaksikan komisioner lainnya yakni Hj. Sri Fatimah, Hj. Titik Sutriningsih dan Hendra Apriansyah.

BACA :  Bawaslu Lamsel Ajak WALHI Kolaborasi

Bahkan, tiga parpol yang nasibnya sempat menggantung akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti proses verifikasi tersebut. Mereka adalah Partai Bulan Bintang (PBB); Partai Indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Republik.“Iya. Gugatan mereka dinyatakan menang. Jadi, kami akan mengakomodasi ketiga partai ini juga,” ungkap Mislamudin.

Dibagian lain, LO Partai Demokrat Lamsel Sosi Junaidi mengungkapkan, Demokrat siap untuk memperbaiki kesalahan administrasi. “Kita tidak begitu banyak kesalahan. Tetapi tetap harus diperbaiki. Kami siap untuk memperbaikinya,” ungkap Sosi kepada Radar Lamsel. (edw)

BAGIKAN