KPU Gelar Aksi Melindungi Hak Pilih

125

Siapkan Posko hingga Outlet Pengecekan DPT

KALIANDA – KPU Lampung Selatan terus melakukan upaya untuk mengakomodasi seluruh pemilih di Lamsel masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019.

Terbaru, KPU melakukan gerakan melindungi hak pilih (GMHP) dengan membentuk posko-posko pengaduan diseluruh wilayah kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini.

Posko-posko itu melibatkan seluruh penyelenggara ditingkat kecamatan dan desa. Termasuk aparatur pemerintahan ditingkat bawah.

Komisioner KPU Lampung Selatan Hj. Sri Fatimah mengungkapkan, gerakan melindungi hak pilih merupakan aksi nasional yang dilakukan seluruh KPU se-Indonesia.

Upaya itu dilakukan agar masyarakat bisa melakukan pengecekan secara langsung apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak diwilayahnya masing-masing.

“Kami imbau masyarakat untuk aktif melakukan pengecekan. Apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Jika belum terdaftar, segera melapor kepada PPS didesa masing-masing atau kepada pamong desa,” ungkap Sri Fatimah kepada Radar Lamsel di Kantor KPU Lamsel di Jl. Raden Intan No. 82A, Kalianda, Rabu (10/10/2018).

Gerakan yang juga disosialisasikan di media sosial dengan tagar #GerakanMelindungiHakPilih ini, sambung Sri, berlangsung mulai dari 1 – 28 Oktober 2018.

KPU Lamsel, kata dia, juga akan memanfaatkan momen-momen tertentu yang dilakukan Pemerintah Daerah guna mensosialisasikan agar masyarakat bisa melakukan pengecekan.

Misalnya kegiatan rutin setiap malam Kamis yang dilakukan Pemkab dipusat keramaian Lapangan Korpri Pemkab Lamsel. Disana, KPU berencana menyediakan outlet agar masyarakat bisa melakukan pengecekan.

“Mengenai ini akan kami bicarakan lebih lanjut. Intinya kami mengimbau masyarakat bisa lebih aktif lagi dalam pemilu 2019,” kata perempuan berjilbab itu.

Tak sampai disitu, Sri juga mengungkapkan bahwa masyarakat Lamsel bisa melakukan pengecekan secara online melalui internet. Baik dengan membuka situs KPU dilaman https://sidalih3.kpu.go.id ataupun mengunduh aplikasi di layanan PlayStore bernama KPU RI Pemilu 2019. “Saat ini DPT sudah dalam genggaman yang bisa dicek kapan pun,” pungkas Sri. (edw)

BAGIKAN