Kuala Sekampung Diimbau Tertibkan TPS Liar

14
David Zulkarnain – Inilah salah satu titik lokasi tempat pembuangan sampah liar yang di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Selasa (4/9).

SRAGI – Buruknya pengelolaan sampah di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi memantik perhatian pemerintah kecamatan setempat.

Pasalnya, hingga kini dibeberapa titik di lingukungan Desa Kualajaya masih ditemukan tempat pembuangan sampah liar yang dinilai memberikan kesan jorok dan mencemari lingkungan.

Camat Sragi, Bibit Purwanto mengatakan, buruknya pengelolaan sampah ini harus menjadi perhatian Pemerintah Desa Kuala Sekampung. Apalagi tempat pembuangan sampah liar tersebut berada di lingkungan umum, desa setempat.

“Pengelolaan sampah ini harus jadi perhatian pemerintah desa, jangan dibiarkan. Kerena sampai dengan saat ini masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan di lingkungan desa,” ujar Bibit kepada Radar Lamsel, saat melakukan monitoring di Desa Kuala Sekampung, Rabu (4/9) kemarin.

BACA :  27 SPPT-PBB Tambak Tergerus Abrasi

Bibit menjelaskan, hingga saat ini masih terdapat dua titik lokasi yang  menjadi tempat favorit masyarakat untuk membuang sampah rumah tangga. Kedua tempat pembuangan sampah liar tersebut berada di jembatan Dusun Pusingan, dan jembatan di Dusun Sukarandek I.

Menurutnya, pemerintah desa setempat harus mengambil tindakan tegas untuk melarang masyarakat membuang sampah sembarangan. Karena hal tersebut memberikan kesan jorok dan mencemari lingkungan.

“Desa harus mengambil tindakan untuk menertibkan masyarakat dan diarahkan untuk membuang sampah pada satu tempat. Apalagi yang di jembatan Dusun Sukarendek I lokasinya di jalan poros dan dekat dengan kantor kecamatan,” paparnya.

BACA :  SMPN2 Sragi Bantah Isu Pungli

Sementara itu Kepala Desa, Kuala Sekampung, Budi Warkoyo juga mengamini bahwa lokasi tersebut masih kerap menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga. Padah, kata dia, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat, serta membuat tempat pembuangan sampah umum.

“Kami sudah menertibkan dengan memasang papan imbauan, dan sudah membauat tempat sampah umum. Dengan adanya imbauan ini kami akan segera menertibkan tempat pembuangan sampah liar tersebut,” pungkasnya. (vid)

BAGIKAN