Kunjungi Pulau Harimau, Pegiat Literasi Benahi TPA dan Bentuk Pojok Baca

346
Ist For Radar Lamsel – Para pegiat literasi melakukan perbaikan TPA di Pulau Harimau Balak, Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, kemarin.

KETAPANG – Para pegiat Literasi di Kabupaten Lampung Selatan bersama anak buah kapal (ABK) Pipit 3003 Polair Lamsel menggelar kegiatan bakti sosial di Pulau Harimau Balak, Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kamis (28/9) kemarin.

Kegiatan bakti sosial itu diselenggarakan oleh Armada Pustaka Lampung seperti Motor Pustaka, Perahu Pustaka, Cendol Pustaka dan Taman Akar Baca yang bekerjasama dengan Polair Polres Lamsel serta Badan Pemelihara Kemanan (Baharkam) Polda Lampung.

Dalam kegiatan itu, para pegiat literasi dan relawan melakukan perbaikan terhadap Taman Pendidikan Al’qur’an (TPA) yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Kemudian dilanjutkan dengan membuat pojok baca disudut TPA tersebut.

BACA :  Ratusan Pot Bunga Program 2018 Mubazir

Salah satu anggota Polair Polres Lamsel yang juga pegiat literasi jangkar pustaka Bripka Agung mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi para pegiat literasi dalam membantu pendidikan dan menumbuh kembangkan minat baca masyarakat di Pulau Harimau. “Itu tujuan utamanya, karena di pulau ini sangat minim buku bacaan,” katanya.

Senada dengan Agung, Hamdani pegiat literasi dari perahu pustaka ini mengatakan, TPA yang diperbaiki para pegiat literasi itu diharapkan dapat menjadi tempat berkumpul masyarakat terutama anak-anak.

Sehingga, dalam kunjungan berikutnya, TPA itu dapat dijadikan tempat penukaran buku-buku lama dengan buku-buku yang baru. “Perahu pustaka dan jangkar pustaka akan melakukan kunjungan rutin ke pulau Hariamau Balak untuk menukar buku bacaan baru. Kami harap gagasan kami ini bisa menjadi pemicu semangat anak-anak untuk lebih giat membaca,” singkatnya.

BACA :  Deklarasi Damai, Nanang Minta Cakades Siap Menang dan Kalah

Ketua RT Pulau Harimau Ahmad mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pengiat literasi. Ia juga akan mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. “Semoga dengan adanya pojok baca di pulau Harimau Balak, masyarakat dan anak anak akan lebih giat membaca,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN