Kwaran Ketapang Gelar Persari Bazar Siaga

20
Nyoman Subagio - Kwaran Ketapang menggelar perkemahan satu hari (Persari) dengan kegiatan Bazar Siaga Pramuka di lapangan kantor Camat Ketapang, Rabu (14/8).

KETAPANG – Dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-58,  Kwartir Ranting (Kwaran) Ketapang menggelar perkemahan satu hari (Persari) dengan kegiatan Bazar Siaga Pramuka di lapangan kantor Camat Ketapang, Rabu (14/8).

Kegiatan bazar siaga Pramuka yang dikemas dalam konsep Lomba Keterampilan Kepramukaan (LKK) yang melibatkan sekitar 320 peserta dari Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Ketapang itu dibuka Camat Ketapang Madro’i, SE.

“Selain untuk memperingati hari Pramuka, kegiatan ini untuk meningkatkan tali silaturahmi juga menjaring kreatifitas anggota Pramuka siaga untuk mengikuti kegiatan tingkat kwartir cabang (Kwarcab) Lampung Selatan,” kata Ketua Kwaran Ketapang Pariyo, Rabu (14/8).

BACA :  Nanda Indira Dendi : Tanggungjawab Pendidik PAUD Luar Biasa

Menurutnya, materi LKK itu meliputi metode ketaqwaan, keimanan /toleransi,  ketangkasan olahraga, kecerdasan,      pengetahuan umum, pengetahuan kepramukaan dan seni budaya atau gerak lagu. “Berbagai keterampilan kepramukaan yang dilaksanakan dapat melatih kekompakan, keuletan dan kerja keras anggota Pramuka siaga,” jelas Pariyo.

Ia juga menyebutkan, kegiatan Persari yang memperlombakan berbagai macam permainan yang menyenangkan ini diharapkan bisa menjadi aktualisasi diri terhadap lingkungan serta mampu menerapkan kesadaran pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

BACA :  Nanda Indira Dendi : Tanggungjawab Pendidik PAUD Luar Biasa

“Kegiatan Bazar Siaga sebetulnya bagian dari ajang pengenalan diri dan penerapan konsep belajar sambil bermain, bermain sambil belajar bagi peserta,” pungkasnya.

Terpisah, Tio, salah satu pelajar kelas III dari SDN Ketapang mengungkapkan kesenangannya dapat mengikuti Bazar Siaga karena dapat pengetahuan baru  dan teman baru dari sekolah lain. “Kegiatan itu sangat menyenangkan,” ucapnya. (man)

BAGIKAN