Lamsel Masuk Radar KKP ‘Gemar Ikan’

33
Kepala Dinas Perikanan Lamsel Dr. Meizar Malanesia

Perangi Stunting Kolaborasi Kemenkes – KKP

KALIANDA – Penanggulangan stunting yang menjadi salah satu program percepatan strategi nasional disambut cekatan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Kegiatan bertajuk ‘Safari Gemar Makan Ikan’ bakal menyasar ke 27 daerah di tanah air yang salah satunya adalah Kabupaten Lampung Selatan.

          Kepala Dinas Perikanan Lampung Selatan Dr. Meizar Malanesia mengungkapkan, kegiatan Safari Gemar Makan Ikan (Gemarikan) merupakan wujud dukungan KKP dalam program percepatan strategi nasional pencegahan stunting. Pihaknya, menyambut baik rencana kegiatan tersebut yang akan di laksanakan diwilayah kerjanya.

          “Kita menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Lampung yang didatangi oleh Dirjen KKP. Artinya, wilayah kita termasuk daerah pilihan. Banyak hal positif yang bisa diperoleh dalam kegiatan ini. Khususnya dalam hal pencegahan stunting melalui Gemarikan,” ungkap Meizar dikantornya, Rabu (28/8) kemarin.

BACA :  Wardani Pimpin PGRI Lamsel

          Dia menjelaskan, kegiatan kampanye Gemarikan yang digagas Dirjend Penguatan Daya Saing Produk KKP ini akan dilaksanakan pada 10 September, mendatang. Rencananya, Desa Taman Agung Kecamatan Kalianda akan menjadi pusat pelaksanaan acara tersebut.

          “Kita tengah melaksanakan berbagai persiapan untuk kegiatan bertaraf nasional ini. Mulai dari koordinasi dengan berbagai leading sektor yang memang berkaitan dengan program pencegahan stunting. Karena, dalam kegiatan ini akan dilakukan sosialisasi dan edukasi kaitannya dengan stunting. Ada juga penyerahan bantuan paket gemarikan kepada masyarakat dan peserta. Dan puncaknya yakni makan ikan bersama seluruh peserta yang hadir,” terangnya.

BACA :  Passinggrade 271 Poin: Lolos SKD CPNS

          Lebih jauh dia mengatakan, sedikitnya 200 peserta yang terdiri dari kelompok ibu hamil, ibu menyusui, pasangan usia subur dan remaja putri usia produktif akan menjadi obyek sasaran kegiatan ini. Dengan harapan, edukasi yang didapatkan bisa diimplementasikan dan ditularkan kepada masyarakat disekitarnya.

          “KKP meyakini dengan mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak. Karena, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Maka, kami sangat berterimakasih kepada KKP yang memilih Lamsel menjadi salah satu lokasi kegiatan ini. Karena, banyak daerah lain yang minta wilayahnya menjadi lokasi kegiatan,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN