Lamsel Terdepan Bidang Olahraga Bola Voli

705
ILUSTRASI

RAJABASA – Kepala Bidang Perwasitan Bola Voli Provinsi Lampung Aji Sutrisno mengklaim Kabupaten Lampung Selatan masih menjadi yang terdepan dalam urusan olahraga bola voli. Menurut Aji, potensi bola voli Lamsel yang begitu terlihat tidak boleh di sisa-siakan.

“Kabupaten Lampung Selatan masih menjadi daerah yang paling aktif dan paling banyak dalam menyelenggarakan event-event turnamen bola voli,” kata Aji Sutrisno kepada Radar Lamsel saat ditemui usai kegiatan penataran wasit bola voli, kemarin.

Lebih lanjut Aji mengatakan, keaktifan Lampung Selatan dalam menggelar event bola voli bukan tidak mungkin dapat membuat kabupaten berjuluk Bumi Khagom Mufakat ini akan menjadi daerah yang memproduksi pemain-pemain bola voli. “Makin diasah, pasti makin jadi. Saya sangat yakin, cepat atau lambat Lamsel akan menjadi gudang yang memproduksi atlet-atlet bola voli ternama,” katanya.

Selain aktif dalam penyelenggaraan turnamen bola voli, Aji menilai kabupaten  Lamsel juga aktif dalam pengembangan dan pembinaan wasit bola voli. Demi melancarkan pembinaan terhadap wasit, pihaknya akan mencoba menelusuri pedesaan.

“Kita harus menyasar pembinaan wasit secara menyeluruh. Untuk itu kami meminta setiap kecamatan harus merekomendasikan. Kita juga minta setiap desa menyiapkan 2 wasit sebagai rekomendasi dari desa,” kata Aji.

Pengembangan wasit voli, sambung Aji, juga sudah dikembangkan sekolah-sekolah dengan memberikan pembinaan kepada siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA. “Kita salurkan melalui guru-guru olahraga atau wasit dari PBVSI yang bertindak sebagai pengajar. Sebab, tugas mereka (guru) disana bukan hanya mengajar saja, tetapi juga mengajar peraturan bagaimana menjadi seorang wasit,” katanya.

Aji melanjutkan, dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Selatan juga masih menyandang predikat terbaik untuk masalah pembinaan dan pengembangan wasit. “Lampung Selatan menurut saya masih menjadi yang terbaik untuk urusan wasit voli. Sangat bagus, dan hebatnya lagi wasit asal Lamsel selalu mendapat rangking saat tampil memimpin setiap turnamen,” terangnya.

Dengan pembinaan dan pengembangan yang telah dilakukan, Aji meyakini Lampung Selatan akan mampu mengorbitkan banyak wasit yang mampu menembus ketingkat nasional. “Bahkan bisa ketingkat Internasional. Tapi untuk mencapai itu, wasit harus sering belajar dan belajar. Pembelajaran itu perlu agar wasit bisa bersikap tenang, adil dan tegas dalam pertandingan,” jelasnya. (rnd)

BAGIKAN