Lestarikan Budaya dengan Belajar Menari Khas Lampung

616
Randi Pratama – Anak-anak SD dan SMA Desa Palembapang saat mengikuti latihan seni tari Lampung yang digelar dibalai Desa Palembapang.

KALIANDA – Seni budaya adalah sesuatu yang harus dilestarikan dengan cara mengetahui dan mempelajarinya. Seperti yang dilakukan Sanggar Seni Budaya di Desa Palembapang. Salah satu sanggar seni di Kecamatan Kalianda ini mengajarkan seni budaya tradisional Lampung Selatan yang pusatkan di Balai Desa Palembapang.
Sekretaris Sanggar Seni Budaya Desa Palembapang Fitra Gama, SE mengatakan, tujuan utama sanggar seni adalah melestarikan kesenian budaya dengan cara mempelajarinya. Saat ini sanggar Seni Desa Palembapang mempunyai 34 anggota dari kelas SD sampai SMA untuk latihan seni tari.
“Kita berikan latihan kepada anak-anak yang memang gemar dan mempunyai keinginan untuk belajar. Karena diusia seperti mereka ini akan sangat mudah untuk diberikan arahan,” katanya kepada Radar Lamsel, Senin (19/9).
Jadwal latihan, sambungnya, dilakukan setiap malam minggu karena malam libur seperti itu akan lebih berguna dimanfaatkan untuk belajar daripada bermain diluar.
“Sengaja dibuat jadwalnya bertepatan dengan jadwal libur sekolah. Ini kami lakukan untuk kebaikan mereka. Daripada main diluar tidak jelas, jadi lebih baik main di desa dengan belajar seni dan budaya Lampung bersama,” terang pria yang akrab disapa Fitra ini.
Fitra mengarapkan, nantinya anak-anak yang belajar seni tari ini bisa mengajak teman-teman sebaya di Desa Palembapang untuk bisa mengikuti latihan seni tari. “Kami sangat mengharapkan agar anak-anak ini bisa mengajak kawan-kawan mereka untuk mengikuti latihan. Tentunya dengan semakin banyak anggota yang ingin belajar akan membuat sanggar seni Desa Palembapang semakin ramai dan lebih berkembang kedepannya,” harapnya. (Cw1)

BACA :  BMKG Pantau Aftershock Pasca Gempa
BAGIKAN