Lima Puskesmas Diminta Rutin Cek Kesehatan Warga

82
Ist - Petugas medis PRI Tanjung Sari, Kecamatan Natar saat memeriksa pasien yang diduga terjangkit DBD.

NATAR – Musim hujan yang terus berlangsung dikhawatirkan bisa menyebabkan banyak penyakit, khususnya anak-anak dengan daya tahan tubuh yang lemah. 

Menyikapi hal itu, Camat Natar Koharudin meminta lima Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk rutin memeriksa kondisi warga dengan Puskesmas keliling. “Saya himbau agar lima Puskesmas yang ada di Kecamatan Natar untuk memperhatikan kesehatan masyarakat hingga ke dusun-dusun,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Sabtu (9/2).

Ia menyebutkan, Puskesmas Branti, Sukadamai, Tanjung Sari, Natar dan Hajimena bertanggungjawab penuh terhadap kesehatan masyarakat khususnya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah mewabah di Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Lampung Selatan. “DBD harus jadi fokus juga, jangan sampai tidak ada tindakan antisipasinya. Seperti foging juga harus dirutinkan,” tuturnya.

BACA :  Puskesmas Sragi Gelar Donor Darah

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Sari Bahren Nortojulu mengatakan, pihaknya terus standby dalam melakukan pelayanan prima apalagi saat kondisi cuaca saat ini. “Cuacanya memang rentan terjangkit penyakit, masyarakat juga harus menjaga keluarganya agar tidak sembarang mengkonsumsi makanan,” ucapnya.

BACA :  Petani Menjerit, Harga Karet Bertahan Rp 6.000 Perkilogram

Ia mengaku, Puskesmas Tanjung Sari telah melakukan peringatan dini DBD keseluruh dusun dan desa yang menjadi wilayahnya. “Sudah ada peringatan dini melalui posyandu juga, bahkan sudah ada yang di foging,” katanya.

Dia menjelaskan, kesadaran masyarakat juga sangat diperlukan dalam mengantisipasi DBD salah satunya membasmi sarang nyamuk. “Jangan biarkan ada air yang tergenang, lubang air ditutup kemudian perhatikan kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN