LSM Pelita Gagas Lomba Kano di Pantai Belebuk

185
Foto Ilustrasi

BAKAUHENI – Animo masyarakat pesisir terhadap penggunaan kano di pantai ternyata berdampak positif. Hal ini pun membuat LSM Peduli Wisata (Pelita) berinisiatif mengadakan lomba kano yang rencananya akan digelar pada pertengahan atau akhir Juli nanti. Gelaran lomba kano ini digagas dalam rangka menarik minat masyarakat terhadap wisata olahraga di Lampung Selatan.

Demi mensukseskan rencana tersebut, LSM Pelita bekerja sama dengan Pemerintah Desa Totoharjo, BUMDes, dan Pokdarwis Totoharjo. Sebelumnya, lomba kano ini pernah digelar. Tetapi, pada penyelenggaraan yang kedua kalinya ini, pihak panitia akan menjadikan lomba tersebut sebagai event tahunan di pantai Belebuk, desa setempat.

“Itu dilakukan karena olahraga air, seperti dayung kano masih belum terlihat geliatnya di kabupaten Lampung Selatan. Padahal olahraga itu erat kaitannya dengan kemajuan pariwisata, terutama wisata bahari,” kata Ketua LSM Pelita, Yodistara Nugraha, kepada Radar Lamsel, Kamis (27/6) kemarin.

Dengan sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sarana akses transportasi yang sudah cukup memadai, Yodis menilai akan sangat disayangkan apabila masyarakat tidak memanfaatkannya dengan baik. Yodis pun berharap besar lomba kano dapat diterima oleh masyarakat dan pecinta olahraga air. Khususnya olahraga dayung.

“Kami harap event ini bisa diikuti oleh semua elemen, tak terkecuali atlet dayung yang sudah mengikuti berbagai ajang. Jika mereka (atlet dayung) ikut berpartisipasi, maka perlombaan ini akan semakin menarik,” katanya.

Saat ini, lanjut Yodis, pihaknya sedang mencoba berkomunikasi dengan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) mengenai rencana lomba kano tersebut. Untuk memperlancar komunikasi, Yodis berharap pihaknya bisa mendapat dukungan dari semua pihak. Khususnya dinas dan instansi terkait.

“Tentu kami akan sangat senang sekali jika semuanya ikut berperan aktif,” ucapnya.

Menurut rencana, rute lomba kano akan memiliki rute yang tempuh dari pantai Belebuk menuju ke pulau Sekepol. (rnd)

BAGIKAN