Lubang Menganga di Jalan Provinsi Kian Memprihatinkan

840
Dok. Radar Lamsel – Ini lah kondisi jalan provinsi di wilayah Kecamatan Rajabasa pada tahun lalu. Saat ini, kondisinya makin parah dan banyak korban yang berjatuhan.

RAJABASA – Kondisi jalan provinsi yang berada di wilayah Kecamatan Rajabasa kian memprihatinkan. Kerusakan jalan yang sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir itu saat ini makin parah disejumlah titik. Bahkan, tak jarang pengguna kendaraan roda dua yang terjatuh karena banyak lubang menganga disepanjang jalan tersebut 

Pantauan Radar Lamsel, kerusakan terparah nomor satu pada jalan provinsi itu berada di perbatasan Desa Canggung dan Canti, Kecamatan Rajabasa. Daerah yang dikenal akrab dengan ‘tanjakan glumpai’ ini nyaris berlubang di semua sisi. Kontur jalan yang memang lokasinya perbukitan membuat para pengguna jalan harus pandai memilih jalan yang mesti dilewati.

Kerusakan parah yang selanjutnya berada di wilayah Desa Rajabasa menyambut Desa Sukaraja. Sekitar 2 kilometer mulai dari Dusun Ujau, Desa Rajabasa hingga masuk ke Dusun Pangkul, Desa Sukaraja kondisi jalan rusak parah dan berlubang. Ditambah lagi minimnya penerangan jalan di malam hari yang semakin terkesan jalan provinsi itu tidak terawat.

“Sebenarnya hampir sepanjang jalan provinsi itu mengalami kerusakan. Tetapi, yang paling parah memang ada di wilayah yang disebutkan tadi. Sudah sering kali para pengendara roda dua menjadi korbannya. Bahkan, belum lama ini teman saya kecelakaan di tanjakan glumpai itu,” ungkap Heri (28), warga Desa Jondong kepada Radar Lamsel, kemarin.

Sejauh ini, belum terlihat ada upaya perbaikan di ruas jalan milik Pemprov Lampung tersebut. Padahal, kerusakannya sudah semakin parah.

“Tahun lalu memang ada perbaikan. Tetapi, entah perbaikannya sesuai atau tidak. Buktinya, baru setahun sudah rusak parah. Apalagi, belum lama ini wilayah Rajabasa baru diterjang musibah tsunami. Jalanannya semakin rusak dan berlubang,” tukasnya.

Sementara itu, belum ada pihak yang enggan dimintai keterangan mengenai kondisi jalan rusak diwilayah Kecamatan Rajabasa ini. Sebab, kewenangan untuk perawatan dan perbaikannya adalah Pemprov Lampung. (idh)

BAGIKAN