Maknai Idul Adha dengan Berqurban

5
Kemas Yogi - Kadisdik Lamsel Burhanudin terlihat fokus menyaksikan penyembelihan qurban di SMPN 3 Jati Agung yang dilakukan oleh Kepala SMPN 3 JatiAgung Sutopo, Selasa (13/8).

SMPN 3 Jatiagung Sembelih 5 Hewan Qurban

JATI AGUNG – Momentum Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah dimaknai oleh SMP Negeri 3 Jati Agung dengan mengajarkan siswanya berkorban untuk teman-teman yatim piatu dan dhuafa. 

Kepala SMPN 3 Jati Agung Sutopo mengatakan, setiap siswa diajarkan untuk merelakan iurannya dan diqurbankan atas nama anak yatim piatu disekolahnya. “Jadi kalau qurban itu kan tidak bisa keroyokan atau iuran satu sekolah, jadi kami mengajarkan anak-anak untuk berkorban untuk qurban diatasnamakan kepada anak-anak yatim tadi,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Selasa (13/8). 

BACA :  Meriahkan HUT RI, Desa Margodadi Pawai Kendaraan Hias

Ia mengatakan, pemotongan dua sapi dan lima kambing hewan qurban itu sendiri langsung disaksikan oleh Kepala Disdik Lamsel Burhanudin. “Iya pak kadis langsung menyaksikan,” ujarnya. 

Ia mengatakan, iuran yang mencapai Rp 15 juta lebih tersebut merupakan sukarela yang diberikan siswa yang mampu disekolahnya. “Khususnya anak-anak Rohis dan OSIS yang sangat antusias berqurban,” tuturnya. 

BACA :  Protes SUTET, Camat Jatiagung Pasang Badan

Ia sangat bersyukur siswanya memahami makna berkorban saat hari qurban, sebab yang terpenting bagi sekolahnya adalah pemaknaan momentum hari raya itu sendiri. “Yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai hari raya, jangan hanya lewat-lewat saja,” tuturnya. 

Sutopo berharap tahun 2020 jumlah hewan qurban yang dikorbankan oleh pihaknya bisa bertambah. “Mudah-mudahan tahun depan bertambah,” harapnya. (Kms)

BAGIKAN