Margasari Konsen Sektor Pertanian

6
Ist.Radarlamsel – Salah satu unit sumur bor yang dibangun oleh Pemerintah Desa Margasari, Kecamatan Sragi, untuk mengatasi kekeringan di sektor pertanian, Selasa (8/10).

Enam Sumur Bor Dibangun Tahun Ini

SRAGI – Pemerintah Desa Margasari, Kecamatan Sragi terbilang cukup konsentrasi dibidang pertanian. Terbukti, tambahan enam unit sumur bor siap dibangun tahun ini melalui anggaran Dana Desa (DD).

Hal ini dilakukan agar areal persawahan warga tetap produksi meskipun saat musim kemarau. Sehingga, selama bergulirnya anggaran desa sebanyak 17 unit sumur bor telah berdiri di areal persawahan desa tersebut.

          Kepala Desa Margasari Hermawan mengatakan, pembangunan sumur bor ini merupakan usulan warganya yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Sebab, pada musim kemarau panjang musibah kekeringan di sektor pertanian tak bisa dielakkan.

BACA :  27 SPPT-PBB Tambak Tergerus Abrasi

          “Hal ini sebagai upaya desa dalam membantu petani mengatasi masalah kekeringan yang kerap terjadi setiap musim kemarau. Maka, kami membangun enam unit sumur bor dari Dana Desa (DD) demi kesejahteraan masyarakat Margasari,” kata Hermawan kepada Radar Lamsel diruang kerjanya, Selasa (8/10).

Hermawan menjelaskan, untuk membangun enam unit sumur bor lengkap dengan mesin sibel, Kwh listrik, dan bak penampungan tersebut menelan anggaran sebesar  Rp88,4 juta. Dimana untuk setiap satu unit sumur bor bisa mengairi dua hektar lahan persawahan.

“Realisasinya  kami bagi menjadi dua tahapan. Untuk DD tahap dua ini yang baru terealisasi pembangunan tiga unit sumur bor dan dilanjutkan sisanya pada DD tahap tiga nanti,” jelasnya.

BACA :  Mahasiswa Keperawatan Berikan Sosialisasi Kepada ODGJ

Lebih lanjut dia menerangkan, hingga saat ini Pemerintah Desa Margasari telah membangun 17 unit sumur bor di areal persawahan Desa sejak tahun 2016 silam. Harapannya, dengan adanya pembangunan sumur bor ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di desanya terutama pada saat musim kemarau.

“Dari tahum 2016 -2019 sudah terbangun 17 sumur bor di lahan persawahan. Harapan kami upaya ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian desa Margasari. Kedepannya, kami bakal terus menambah jumlah sumur bor agar semua areal pertanian bisa di cover,” harapnya.
 (vid)

BAGIKAN