Memaknai Kemerdekaan Bukan Sebatas Balap Karung

0

Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 banyak pelajaran yang dapat dipetik untuk memaknai perjuangan para pahlawan. Sebab, Kemerdekaan tidak diraih oleh orang-orang yang bangun kesiangan.

Berliana Eka Irawan (18) muli asal Way Hui, Kecamatan Jati Agung memaknai kemerdekaan lebih mendalam. Menurutnya, kemerdekaan sebagai jembatan emas menuju masyarakat adil, makmur juga damai.

Setelah merdeka kata Bey, sapaan akrabnya, tak lantas perjuangan juga selesai. Justru pasca kemerdekaanlah perjuangan sesungguhnya baru dimulai. “Perjuangan justru baru dimulai tapi dengan tantangan yang berbeda,” kata Bey kepada Radar Lamsel, kemarin.

Mahasiswi UIN Raden Intan ini mengatakan, jika dahulu para peraih kemerdekaan mengorbankan nyawa, maka selayaknya generasi masa kini merawat kemerdekaan dengan torehan prestasi atau karya.

Sebab, kata dia, saat ini pun perjuangan melawan penjajah masih belum usai. Penjahah yang seperti apa? “Penjajahan melawan diri dari sikap malas,” ujarnya Mahasiswi semester II Fakultas Dakwah ini.

Lalau bagaimana sikap yang tepat untuk merayakan kemerdekaan? Gadis enerjik dengan semangat menggebu-gebu ini justru memilih renungan untuk kembali menata semangat sebagai seorang muda. “Renungan ketika pahlawan revolusi rela menumpahkan darah demi meraih kemrdekaan, itu lebih menimbulkan kesadaran kita, saya rasa,” ujar dia.

Meski terkesan serius, maklum dara manis yang juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tak menampik jika dirinya merindukan lomba balap karung semasa kecil. “Meski kemerdekaan bukan semata lomba balap karung ya, tapi jujur saya merindukan masa-masa itu,” kenangnya.

Lomba balap karung yangh heboh yang mengharuskan peserta berlari menggunakan karung goni dinilai punya filosofi yang tak kalah menarik. Menurut Bey sebanyak apapun penghalang untuk melaju kedepan jangan sampai membuat seseorang patah semangat.

“Jangan patah semangat, meski banyak halangan seperti balap karung. Maju aja terus, begitu juga dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, meski bangsa ini dalam kungkungan muda-mudilah yang harus membangkitkannya,” terangnya. (ver)

BIODATA MULI

Nama : Berliana Eka Irawan

TTL : Jawa Barat 21 Februari 1999

Alamat : Way Hui Kecamatan Jati Agung

Kuliah : UIN Raden Intan Lampung

Hobi : Travelling

Organisasi : Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Medsos : Ig : berlianaekka_

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel