Merubah Pandangan Tentang ‘Anak IPS’

0

Mendengar kata ‘anak IPS’ barang tentu banyak pandangan yang berbeda-beda. Bak dua sisi yang berlainan ada sisi positif dan negatifnya.

Antika Damayanti (17) Siswi kelas XI berusaha merubah sisi negatif yang sering disematkan kepada anak kelas IPS. Menurutnya tak sedikit anggapan bahwa IPS kurang diminati lantaran kalah bersaing dengan kelas IPA.

“Iya sih memang seringkali kelakuan anak IPS yang santai dan bandel sudah melekat dari dulu. Tetapi tidak berarti anak IPS itu nggak punya kelebihan ya,” kata dia kepada Radar Lamsel, Rabu (6/12) kemarin.

Meski kadang dipandang sebelah mata kata dia, tetapi justru anak IPS yang menghidupkan warna di sekolah. Sebab kata dia bila tidak ada anak IPS maka tidak ada pula anak IPA. “Saling berkaitan dan saling melengkapi,” sebut Tika sapaannya.

Bukan karena dirinya anak IPS, lebih dari itu dia berusaha meyakinkan bahwa mindset yang selama ini tidaklah selalu benar. Banyak juga kata dia sisi positif yang dapat ditunjukan anak kelas IPS. Mulai dari jago berdebat dan penuh kreatifitas.

“IPS itu justru jago soal debat, dan banyak juga ide-ide kreatif yang bisa dijumpai dari anak IPS. Pelajar IPS juga punya kecerdasan yang tentunya tidak bisa dibandingkan dengan jurusan lain, begitu,” ujar remaja yang hobi travelling ini.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini melanjutkan, anak IPS cenderung lebih tertarik dengan ekstrakulikuler dan pelajaran tambahan yang diluar jam belajar. Sisi positifnya lanjutnya tentu saja sifat enerjik yang ada didalam diri murid IPS.

“Memang hak setiap orang punya pandangan masing-masing, begitu juga dengan saya yang ingin merubah pandangan negatif tentang kelas IPS. Bahwa sebetulnya IPS itu tak semenakutkan yang dianggap banyak orang,” ujar gadis asal Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo ini. (ver)

Nama : Antika Damayanti
TTL : Sidorejo 31 Maret 2001
Alamat : Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo
Cita-cita masa kecil : Dokter
Hobi : Travelling
Medsos : Ig : @Antikadmynti
Fb : Antika Damayanti

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel