Miftahudin Terpilih Sebagai Kades PAW Sebesi

17
Ist. Radar Lamsel – Inilah ketiga calon yang bertarung pada pemilihan Kades PAW Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Kamis (5/9) kemarin.

Otda: Pelantikan Tunggu Laporan

RAJABASA – Miftahudin terpilih sebagai Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa. Ini setelah Miftahudin meraih suara terbanyak pada pemilihan kepala desa pergantian antar waktu (Kades PAW) yang diselenggarakan di balai desa setempat, Kamis (5/9) kemarin. Miftahudin yang meraih sebanyak 63 suara, mengungguli Syamsiar yang memperoleh 44 suara, dan Sarmani dengan 41 suara.

          Total 150 suara itu berasal dari pemilih yang ditentukan, mulai dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan keterwakilan perempuan. Hal ini karena sistem pemilihan Kades PAW memang berbeda dengan pemilihan kades pada umumnya. Bahkan, pemilihan Kades PAW bisa dilakukan secara aklamasi.

          Proses pemilihan Kades PAW di Desa Tejang Pulau Sebesi berlangsung aman. Tanpa ada kericuhan sedikitpun. Pemerintah Kecamatan Rajabasa telah mengantisipasi semua itu dengan mengudang anggota keamanan dari Polsek Kalianda, dan Koramil Kalianda, selaku pemilik teritori Rajabasa.

BACA :  Ketua TP PKK Lamsel: Program PKK Seperti Jimpitan

          Pemilihan Kades PAW ini melalui proses yang cukup panjang. Dan sempat terbentur beberapa kendala. Usainya pemilihan ini pun membuat masyarakat lega. Pasalnya, jabatan kades definitif di desa ini sudah lama lowong pasca meninggalnya Umar Yuni, sekitar 7 bulan yang lalu.

          Posisi kosong di kursi pimpinan orang nomor satu di desa pun dilanjutkan oleh Sugeng, Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa, yang ditunjuk sebagai Pejabat Kepala Desa (Pj. Kades) Tejang Pulau Sebesi. Posisi Sugeng bakal berakhir setelah pelantikan kades yang terpilih ini dilantik dan mendapat SK (surat keputusan) dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

BACA :  Mahir Bahasa Asing, PR Pemandu Wisata

          “Belum (tugas). Nanti, setelah pelantikan. Sekarang, Desa Tejang Pulau Sebesi, dan Desa Kunjir masih dijabat Pj. Kades,” katanya kepada Radar Lamsel, kemarin.

          Terpisah, Kabag Otda Kabupaten Lampung Selatan, Setiawansyah, AP. M.Si mengatakan pelantikan Kades Kunjir dan Kades Tejang Pulau Sebesi masih menunggu laporan dari Pemerintah Kecamatan. Jika sudah masuk, laporan tersebut akan segera diproses.

          “SK penetapan PAW Kades terpilih sebagai dasar pelantikannya,” katanya saat dikonfirmasi Radar Lamsel, kemarin.

Camat Rajabasa, Sabtudin, S.Sos mengatakan pihaknya segera mengantar laporan kepada Otda, Jumat hari ini. “Besok (hari ini), bisa kita antar ke Otda untuk dibuat SK Bupati sebagai kades definitif. Setelahnya baru pelantikan,” katanya. (rnd)

BAGIKAN