Minta Pondok Pesantren Ikut Sukseskan Program Pendidikan

560
Idho Mai Saputra – Camat Kalianda Setiawansyah, A.P., M.Si menghadiri tabligh akbar pada acara milad Pondok Pesantren Nururrohman, Desa Negeri Pandan, kemarin.

KALIANDA – Kabupaten Lampung Selatan terdapat sejumlah pondok pesantren yang memiliki kualitas pendidikan yang cukup baik. Pemerintah Kabupaten Lamsel berharap dengan adanya pondok pesantren tersebut dapat ikut mensukseskan program pendidikan bagi generasi penerus di Kabupaten Khagom Mufakat ini.
Itu disampaikan Asisten Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesrak) Setdakab Lamsel Dra. Ismar Kolina saat menyampaikan sambutan Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan pada acara tabligh akbar memperingati milad Pondok Pesantren Nururrohman yang pertama, di Desa Negeri Pandan, Kecamatan Kalianda, kemarin.
Pantauan Radar Lamsel, kegiatan tabligh akbar disambut antusias oleh keluarga besar pondok pesantren dan para tamu undangan. Sebab, pesantren Nururrohman mendatangkan ustad Mumuy Abdul Mukti sebagai penceramah.
Tampak Camat Kalianda Setiawansyah, A.P., M.Si, Sekcam Kalianda Erdiansyah, SH, MM dan para tokoh agama dan masyarakat Kota Kalianda hadir dalam kegiatan tersebut.
Ismar Kolina menambahkan, partisipasi pondok pesantren dalam menopang program pemerintah dalam upaya peningkatkan kualitas sumber daya manusia sangat penting. Melalui jalur pendidikan pesantren, diyakini dapat membentuk karakter dan kepribadian anak didik yang cerdas, berbudi pekerti serta berakhlaqul karimah yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan.
“Harapan kami, pesantren yang adi di Lamsel ini bisa terus menunjukan eksistensinya dan saling berlomba untuk menjadi tempat menimba ilmu yang terbaik,”kata Ismar Kolina, kemarin.
Dia melanjutkan, perkembangan masyarakat sekarang ini sangat dibutuhkan pembangunan keagamaan dan pembangunan mental rohaniah di kalangan masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh keseimbangan kehidupan masyarakat, baik secara fisik material maupun mental spiritual.
“Kami meyakini dari lingkungan pendidikan pondok pesantren lebih banyak menekankan pada ilmu agama, akan tetapi sekarang telah dikembangkan dengan memberikan pendidikan umum dan ketrampilan-ketrampilan baik di bidang pertanian, perkebunan, teknologi dan lain sebagainya yang akan berguna bagi bekal dirinya dalam kehidupan di masyarakat,”lanjutnya.
Lebih jauh dia mengatakan, keberadaan pondok pesantren harus terus diberikan dukungan dan di kembangkan. Agar, bisa terus berkembang dan memberikan kontribusi kepada pemerintah.
“Kami mengajak seluruh pondok pesantren yang ada di Lamsel dapat berpartisipasi dalam pembangunan. Sebab, keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan pada dasarnya menjadi tanggung jawab kita bersama,”tukasnya.
Sementara itu, Camat Kalianda Setiawansyah sangat mendukung kegiatan yang digelar pondok pesantren tersebut dalam perayaan miladnya yang pertama. Sebab, kegiatan tabligh akbar melibatkan masyarakat banyak dan dapat memberikan pembelajaran.
“Kami sangat mendorong berbagai kegiatan positif yang digelar oleh masyarakat ataupun lembaga seperti pondok pesantren ini. Karena, kegiatan keagaaman seperti ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat,”singkat Setiawan. (idh)

BACA :  Bertemu Tokoh, Dandim 0421/LS: Pesta Demokrasi Bukan Ajang Perang
BAGIKAN