Modal kecil, Kerajinan Alumunium Cukup Menjanjikan

20715
Shofyan Apriyansyah – Seorang pengrajin aluminium di Desa Palas Jaya Kecamatan Palas membuat lemari pakaian pesanan pelanggannya, Senin (14/3).

SRAGI – Usaha kerajinan almunium dan kaca merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan.
Kerajinan ini belakangan banyak digemari kalangan pengusaha dan rumah tangga karena kerajinan aluminium mampu menghasilkan produk berkualitas baik seperti aneka gerobak, lemari pakaian, rak sepatu, jemuran baju dan kusen pintu atau jendela rumah.
Aji (35), warga Desa Palas Jaya yang membuka usaha kerajinan berbahan dasar alumunium di Desa Sukapura, Kecamatan Sragi ini mampu menghasilkan omset jutaan rupiah perbulan.
Aji mengaku, dengan sedikit modal usaha yang dimilikinya dan berbekal kamampuan membuat barang kerajinan alumunium yang didapat saat bekerja disalah satu perusahaan di Pulau Jawa, dirinya memutuskan untuk membuka usaha sendiri dengan modal awal Rp9 juta.
“Saya mencoba buka usaha sendiri dikampung. Saat ini produk yang saya hasilkan sebatas, aneka gerobak, lemari pakaian, rak sepatu, jemuran baju dan kusen pintu atau jendela rumah. Harga rata-rata Rp 500 ribu sampai Rp 1,7 juta,” kata Aji, kemarin.
Dengan ketekunannya menggeluti usaha barunya ini, Aji mengaku saat ini usaha kerajinannya sudah memiliki pelanggan dari desa sekitar bahkan sampai luar kabupaten.
“Saya bersukur baru 9 bulan usaha yang saya rintis dari modal kecil ini mulai berkembang. Saat ini pelanggan saya dari wilayah sekitar dan Kabupaten Lampung Timur. Omset pendapatan saya sekitar Rp 6 juta perbulannya,” kata Aji.
Ade (40), salah seorang pelanggan yang memesan gerobak untuk berdagang gorengan mengaku puas memesan grobak dagangan kepada Aji. Karena produk grobak yang dibuat Aji berkualitas baik dan harga bersahabat.
“Saya pesan gerobak gorengan kepada Aji. Saya puas dengan hasil kerjanya. Karena gerobak saya selain bagus juga kuat harganya pun bersahabat yakni Rp1,7 juta,” kata Ade, warga Desa Sukapura, Kecamatan Sragi ini.
Senada dikatakan seorang pelanggan lainnya Nov Sumiati (50) seorang pengusaha salon. Warga Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas ini mengatakan, merasa puas akan hasil produk yang dibuat oleh Aji. “Lemari pakaian pengantin disalon saya, saya pesan dari Aji dengan harga cukup murah dan kualitasnya pun bagus,” kata Nov. (CW2).

BACA :  ’Rendahnya UMK Campur Tangan Pengusaha’
BAGIKAN