Mulai 2020, Dana BOS PAUD Rp15 Miliar

5
ILUSTRASI

RAJABASA – Mulai tahun 2020, dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) bakal mengalami kenaikan. Tak main-main, anggaran sebesar Rp15 miliar bakal disiapkan untuk mengakomodir seluruh PAUD di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Drs. Burhanuddin, M.M mengatakan kenaikan anggaran dana BOS menjadi bukti jika pemerintah begitu serius memperhatikan dunia pendidikan. Burhanuddin mengatakan bahwa program pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan telah dirancang dengan matang.

“Dana BOS untuk tahun 2020 PAUD sebesar Rp15 miliar. Mengalami kenaikan Rp3 miliar dibandingkan tahun (2019) ini yang menyentuh angka Rp12 miliar,” katanya kepada Radar Lamsel, Senin (7/10/2019).

BACA :  Pantai Sikop Jadi Pusat Budidaya Terumbu Karang

Tentunya, anggaran dana BOS yang naik bakal menyentuh berbagai sisi sekolah PAUD. Termasuk tenaga pendidiknya. Menurut Burhanuddin, kenaikan anggaran tersebut bakal berimbas terhadap kenaikan gaji atau insentif untuk tenaga pendidik (tendik) PAUD di Lampung Selatan.

“Tahun depan ada kenaikan anggaran untuk BOS. Berarti ada kenaikan gaji juga meski naiknya sedikit. Tapi Pemkab Lamsel sudah berkomitmen menaikkan anggaran untuk pendidikan setiap tahunnya,” katanya.

BACA :  Ratusan Tendik PAUD Ikut Pelatihan Senam

Sayang, Burhanuddin tak tahu pasti berapa besar anggaran yang digelontorkan untuk 1 PAUD. Pasalnya, pembagian dana untuk setiap sekolah PAUD telah menjadi urusan bawahannya. Yang jelas, kata dia, pembagian dana BOS sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak dan juknis).

“Saya belum tahu pasti berapa jumlah PAUD, dan berapa anggaran untuk satu sekolah. Karena sudah ada yang mengatur, yang jelas sesuai juklak dan juknis,” katanya. (rnd)

BAGIKAN