Musim Hujan, Jaga Kebersihan Kandang Unggas

632
Kepala Disnak Lamsel, Ir. Cecep Khairuddin

KALIANDA – Masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan yang berprofesi sebagai peternak unggas khususnya, diminta untuk dapat mewaspadai berbagai penyakit menular. Pasalnya, memasuki musim penghujan saat ini bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya pada hewan peliharaan.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lamsel Ir. Cecep Khoirudin, Senin (4/1) kemarin. Menurutnya, musim hujan merupakan masa penyebaran virus avian influenza (AI) atau penyebab penyakit flu burung pada unggas.
Pihaknya, kata Cecep, terus mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan kandang hewan ternak selama musim penghujan. “Ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya penyebaran virus AI. Karena, musim penghujan banyak penyakit menular mematikan yang dapat menyerang hewan ternak. Bahkan bisa menular ke manusia,”kata Cecep, kemarin.
Kandang unggas, tambahnya, pada musim hujan biasanya lembab dan becek. Sehingga menimbulkan bau tak sedap. Hal ini rentan sekali menjadi sarang berkembangbiak virus AI.
“Jangan sampai kandang itu lembab. Kondisi seperti ini harus ditanggulangi dengan cari menyemprot kandang dengan vaksin. Sehingga, kandang unggar selalu dalam keadaan steril,”imbuhnya.
Dia juga meminta kotoran hewan jangan sampai dibuang sembarangan. Semestinya, lanjutnya, kotoran hewan dikumpulkan di tempat khusus atau dibuatkan lubang lalu ditimbun dengan tanah.
“Mengumpulkan kotoran hewan justru lebih bermanfaat, bisa diambil untuk pupuk sawah ladang. Jadi, jangan sampai kotoran hewan dibuang sembarangan karena bisa terbawa air hujan dan menjadi sarang bibit penyakit,”lanjutnya.
Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya temuan kasus ayam mati mendadak pada musim peralihan cuaca tahun ini. “Kita belum dapat laporan. Kalau toh ada, pasti langsung kami tangani dengan pemeriksaan di laboratorium. Petugas PDSR juga sudah siap mengantisipasinya,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Candra Irawan: Pemerataan Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat
BAGIKAN