Naik 15 Persen, ASDP Operasikan 30 Kapal

258

Perbaikan, Dermaga V Ditutup Sementara

BAKAUHENI – Arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan akhir pekan, kemarin. Peningkatan ini terjadi karena libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur peringatan Hari Isra Mi’raj, Sabtu (14/4) lalu.

Meski terjadi peningkatan sekitar 15 persen dari hari biasanya, namun pelayanan penyeberangan dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Banten berjalan normal. PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni mengoperasikan sedikitnya 30 armada kapal feri yang membuka pelayanan di lima dermaga.

Menurut Humas PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Syaifullail Maslul, peningkatan arus kendaraan sekitar 15 persen dari hari biasa tidak mempengaruhi pelayanan penyeberangan Bakauheni-Merak. “Libur akhir pekan yang bertepatan dengan peringatan Hari Isra Mi’raj membuat arus kendaraan dan penumpang meningkat. Tapi sejauh ini pelayanan tetap berjalan normal,” kata Syaifullail, Minggu sore, kemarin.

“Hari ini (Minggu’red), jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 30 armada. 30 kapal itu membuka pelayanan di lima dermaga yakni dermaga 1, 2, 3, 6 dan 7,” terang Syaiful panggilan akrab Syaifullail Maslul.

Dia mengatakan, pengoperasian lima dermaga tersebut karena dermaga 5 saat ini dalam perbaikan dan ditutp sementara. Menurutnya, perbaikan dermaga lima sudah dimulai sejak Maret lalu. Rencananya, lanjutnya, perbaikan dermaga lima berlangsung selama dua bulan. “Dermaga lima sedang dalam perbaikan pada bagian dolpin, moring dan trestel. Perbaikan akan berlangsung selama dua bulan yang dimulai sejak bulan Maret lalu,” tuturnya.

Syaiful menambahkan, dermaga 7 yang sudah diresmikan pengoperasiannya sudah dioperasikan secara reguler. Meski demikian, imbuhnya, sejumlah fasilitas di dermaga tujuh ini masih terus dilengkapi. “Dermaga tujuh sudah dioperasikan secara reguler. Tapi sejumlah fasilitas masih terus dilengkapi namun tidak menganggu aktivitas pelayanan didermaga tersebut,” pungkasnya.(man)

BAGIKAN