Naik Akreditas, Pusat Nilai PRI Sidomulyo

906
Veridial – Penilaian dari Tim Surveyor mengenai akreditasi untuk Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo, Kamis (29/9) kemarin.

SIDOMULYO – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sidomulyo mulai berbenah disegala aspek. Pasalnya, Puskesmas kebanggaan masyarakat Sidomulyo itu memiliki target untuk pencapaian akreditasi Utama tahun ini.

Untuk mencapai akreditasi Utama tersebut tidaklah mudah. Sebab, proses penilaian langsung dilakukan oleh tim surveyor dari kementerian Republik Indonesia (RI).

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, penilaian yang dilakukan di Puskesmas Sidomulyo berlangsung selama tiga hari terhitung dari 27 – 29 September 2016.

Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Syaiful Anwar, M.Kes mengatakan, sejak tiga hari yang lalu tim akreditas melakukan penilaian PRI yang dipimpinnya. “Sudah tiga hari berjalan. Hari ini (Kamis’red) hari terakhir penilaiannya,” kata dia kepada Radar Lamsel, Kamis (29/9) kemarin.

BACA :  Siswa Seskoad Bakal Kaji Keterlibatan Tokoh

Menurut Syaiful, penilaian meliputi Program Kerja (Pokja) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Dari dua Pokja tersebut kemudian akan kembali dilakukan penilaian apakah ada peningkatan atau penurunan pada mutu pelayanan.

“Yang dinilai peningkatan mutu Admen, UKP dan UKM, untuk tingkat pelayanan terhadap pasien terutama keselamatan pasien yang dilayani oleh petugas medis,” ujarnya.

Sementara untuk keselamatan petugas juga perlu diperhatikan. Syaiful mengatakan, mulai dari perbaikan areal sekitar Puskesmas, berupa fasilitas medis, ruang pelayanan dan keramahan petugas dinilai menjadi kunci tercapainya target tersebut.

“Keramahan petugas dalam pelayanan, merupakan aspek penting dalam mewujudkan akreditasi. Jika petugas tidak ramah, tentu pasien enggan mendapatkan pelayanan medis,” ungkap Syaiful.

BACA :  Dua Pejabat Ngantor Lagi Usai Diperiksa KPK

Penilaian akreditasi itu, baru akan diketahui hasilnya hingga satu bulan kedepan. Mengingat, persiapan yang dilakukan Puskesmas Sidomulyo sudah sejak jauh hari mempersiapkan penilaian tersebut untuk mencapai akreditasi.

Sementara itu Ketua Tim Surveyor Kementerian RI, Dr. Harry Susanto, M.M mengatakan, pihaknya sudah melakukan penilaian selama tiga hari terhitung sejak 27 September lalu. Dikatakannya, hasil penilaian baru akan diumumkan bulan depan.

“Tim Surveyor sudah melakukan penilaian, mulai dari petugas, pelayanan hingga fasilitas tidak luput dario penilaian kami. Untuk hasil penilaiannya apakah sudah layak terakreditasi atau tidak, akan diketahui bulan depan,” tandasnya. (ver)